Jembatan Dagemage Putus Tersapu Banjir, Lintas Utara Flores Lumpuh Total

Foto: warga saat menyeberangi sungai dagemage tanpa jembatan

Maumere,obornusantara.com-Jembatan Dagemage yang menghubungkan puluhan Desa Di Kecamatan Magepanda Dengan Kota Maumere melalui jalur Litas Utara Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) hancur berantakan setelah di sapu banjir pada hari jumat, 09/03/2018. Jembatan yang menjadi satu-satunya sarana transportasi bagi warga di daerah tersebut kini tidak ada dan Jalur Lintas Utara dari dan ke Kota Maumere kini Lumpuh Total.

Hujan yang mengguyur hampir sebagian Pulau Flores pada sepekan terakhir ini mengakibatkan sebuah jembatan yang menghubungkan puluhan desa di Kecaatan Magepanda dengan Kota Maumere ibu Kota kabupaten Sikka rusak porak-poranda.
Warga yang hendak bepergian melalui jalur ini terpaksa untuk sementara dapat mengurungkan niatnya karena jalan alternatif yang di buka tidak aman untuk di lalui kendaraan baik roda dua maupun roda empat.


Saat ini Pemerintah Provinsi NTT selaku penggung jawab ruas jalan Lintas Utara Flores kini telah menurunkan sejumlah alat berat untuk membukan jalan alternatif debagai jalur sementara bagi warga untuk bepergian.
Menurut sejumlah warga yang melintasi rusa jalan ini yang di temui di lokasi mengaku, mereka kini sangat sulit untuk keluar baik ke Desa tetangga maupun ke Kota Kabupaten, mengingat sungai yang sebelumnya tidak begitu luas kini hampir mencapai 200 meter lebarnya.
“Setenga mati kita pak, kita mau lewat susahnya minta ampun, jalan darurat hanya bisa di lewati manusia sementara kita harus pakai kenderaan karena jauh ke Kota Kabupaten, jelas salah seorang warga Desa Kolisia.”
Menurut warga, sejak Putus beberapa hari lalu, ruas Lintas utata sama sekali tidak bisa di.lalui, karena selainjembatan di sejumlah titik jalan juga mulai longsor termasuk abarasi pantai di hantam gelombang pasang.
“ini sejak putus jalur sini sudah lumpuh total pak, mau lewat mana, paling-paling lewat sini saja. Kata warga.:
Sementara itu, untuk melancarkan arus lalu lintas terutama.bagi warga meski tidak menggunakan krlendaraan, Pemerintah Kabupaten Sikka telah membuat jalan darurat menggunakan bahan bekas jembatan lama milik Balai Jalan X kupang di lokasi bencana sehingga saat ini warga bisa melintas meski harus berjalan kaki. (wr/by-nya)

Terima Kasih