Menteri PUPR, Pemerintah Segera Bangun PLBN Dan Sarana Lain Di Perbatasan Sota, Merauke

Perbatasan Sota, Papua-obornusantara.com-Pemerintah Pusat Melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) segera membangunan kawasan perbatasan Sota di Papua yang berbatasan langsung Dengan Negara Tetangga Papua Nugini.
Pembangunan kawasan Perbatasan ini akan di lengkapi dengan seluruh sarana dan prasarana pendukung lainnya seperti yang telah di Bangun Di NTT dan daerah perbatasan lainnya di Indonesia.
“Pembangunan kawasan perbatasan Sota dilakukan oleh Ditjen Cipta Karya terbagi menjadi zona inti, sub inti dan pendukung. Pada zona inti akan dibangun Pos Lintas Batas Negara (PLBN), gudang sita, klinik. Zona sub inti berupa rumah pegawai, wisma Indonesia dan zona pendukung berupa rest area, gereja, musola, parkir dan renovasi Pasar Sota.” unkap Menteri PU PR Basuki Hadimuljono saat melakukan perjalanan menuju pos Sota, perbatasan Sota dalam perjalanan dari merauke menuju Boven Dugul pada jumat 16/3/2018.


Menurut Menteri, pembangunan Infrastruktur permukiman bagi warga sekitar perbatasan akan dibangun seperti sistem penyediaan air minum (SPAM), tempat pengolahan sampah, penyediaan MCK dan septic tank komunal, jalan lingkungan dan drainase bagi masyarakat sekitar perbatasan.

Pada tahun 2016 Kementerian PUPR telah menyelesaikan tujuh PLBN yang diresmikan oleh Presiden Jokowi. Ketujuh PLBN yakni PLBN Wini, Motaain, dan Motamasin di NTT berbatasan dengan Timor Leste, PLBN Entikong, Badau dan Aruk di Kalimantan Barat berbatasan dengan Malaysia, serta PLBN Skouw di Papua yang berbatasan dengan Papua Nugini.

Turut hadir mendampingi Menteri Basuki yakni Dirjen Bina Marga Arie Setiadi Moerwanto, Dirjen Cipta Karya Sri Hartoyo, Kepala Balai Pelaksanaan ‪Jalan Nasional XVIII Jayapura‬ Osman H. Marbun, Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Merauke Nimrod Rumaropen dan Kepala Biro Komunikasi Publik Endra S. Atmawidjaja. (wr/by-Biro Pers Kemnterian PUPR)

Terima Kasih