Pembangunan Kawasan Perbatasan Sota, Merauke Dimulai Juni 2018

Merauke,obornusantara.com-Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan pembangunan kawasan perbatasan Sota di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua akan mulai dikerjakan pada Juni 2018. Lokasi perbatasan Sota berjarak sekitar 80 km dari Merauke dengan kondisi jalan mantap sehingga bisa ditempuh dalam waktu satu jam.

Hal tersebut disampaikan Menteri Basuki saat singgah meninjau Pos Perbatasan Sota dalam perjalanannya dari Merauke menuju Boven Digul, Jumat (16/3/2018) yang dimulai sejak pagi pukul 05.30 WIT.

“Saat ini pelintas batas sekitar 20-25 orang setiap hari. Kita akan perbaiki meski tidak sebesar Skouw di Jayapura. Kita akan perbaiki fasilitasnya sehingga disamping fungsi pertahanan keamanan bisa menjadi tujuan orang melihat perbatasan di selatan Papua,” kata Menteri Basuki.

Hal ini sejalan dengan Nawa Cita Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla untuk membangun Indonesia dari pinggiran dan menjadikan pos lintas batas sebagai beranda depan Indonesia yang membanggakan sebagai sebuah bangsa besar.

Dalam kunjungan tersebut Menteri Basuki berbincang dengan Daud, Ketua Adat masyarakat di perbatasan mengenai rencana pembangunan perumahan bagi masyarakat perbatasan.

“Pembangunan PLBN tidak hanya sebagai gerbang masuk namun menjadi embrio pusat pertumbuhan ekonomi wilayah yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat perbatasan,” jelas Menteri Basuki.(wr/by-Biro Komunikasi Publik
Kementerian PUPR)

Terima Kasih