Bantu Nelayan, Pemda NTT Siapakan Dana Rp. 19 M Untuk Pengadaan Kapal Tangkap

Foto: Kadis Kelautan dan Perikanan NTT Ganef W. A. IP.

Kupang, obor-nusanatara.com-Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur pada tahun 2018 ini kembali mengalokasikan dana melalui  Anggaran Pendapata dan belanja Daerah (APBD) satu Bidang kelautan dan Perikanan senilai Rp. 19 Milayr untuk pengadan Puluhan Kapal Tangkap Lengkap dengan alat tangkap yang akan di berikan secara Cuma-Cuma kepada nelayan di Nusa Tenggara Timur.

“Di Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi NTT ada 3 Program yakni, Program perikanan Tangkap, Budidaya dan program Kelembagaan, untuk program tangkap kita siapakan sarana prasaran tangkap berupa bantuan hiba kapal kepada masyarakat terdiri dari 3 Gross Ton (GT) sebanyak 65 untuk dan kapal ketintin 27 unit dan akan di bagikan kepada nelayan di 22 kabuoaten dan Kota.”  Jelas Kepala Dinas Kelautan dan perikanan provinsi NTT Ganef Wurgiyanto, A. IP yang di temui di Kupang pada Jumat, 20/4/2018.

Menurutnya, selain itu, untuk program kegiatan tangkap adalah pengoperasian PPI Oeba dan lainnya yang merupakan program tahunan pada dinas Kelautan dan perikanan NTT.

Sementara untuk bantuan kapal tangkap kepada nelayan akan dilakukan dengan sejumlah persyaratan yang harus di penuhi oleh nelayan jika ingin memperoleh bantuan ini.

“bantuan kita berikan tentu dengan sejumlah kriteria yang sudah ada seperti, pengajuan dokumen proposal dari Nelayan, survey dari dinas dan Dokumen lainnya.

“untuk mendapat kapal bukan gampang begitu saja, harus nelayan melengkapi sejumlah dokumen itupun belum tentu dapat, karena harus ada survey kelayakan jangan sampai yang dapat bantuan  itu orang kaya sehingga nanti tidak tepat sasaran.” tandas Ganef

Di tanbahkan, saat ini seluruh kapal dalam proses pengadaan dan di pastikan pada bulan oktober atau paling lambat sebelum akhir tahun sudah diserahkan kepada nelayan di 22 Kabupaten Kota se-Nusa Tenggara Timur.

“paling lambat akhir tahun ini kita sudah serahkan ke nelayan tetpai jadwalnya oktober sudah bisa di serahkan.” Tutup Ganef.(wr/by-nora).

Terima Kasih