Bendungan Kolhua Terancam Di Pidahkan Ke Belu

Kupang, obor-nusantara.com-Informasi Adanya Permintaan Gubernur Ntt Frans Lebu Raya Kepada Pemerintah Pusat Agar Memindahkan Lokasi Pembangunan Bendungan Kolhua Ke Kabupaten Belu Hingga Kini Belum Di Setujui Pemerintah Pusat. Pemerintah Pusat Hingga Kini Masih Tetap Memproses Rencana Pembangunan Bendungan Kolhua Di Kota Kupang.

Rencana Pembangunan Bendungan Kolhua Di Keluarahan Kelhua, Kecamatan Maulafa Kota Kupang/ Nusa Tenggara Timur Yang Hingga Kini Masih Terganjal Lahan Kini Mulai Di Rencanakan Untuk Di Pindahkan Lokasinya Ke Kabupaten Belu. Rencana Tersebut Di Benarkan Oleh Kepala Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara Dua Agus Sosiawan.

Menurut Agus/ Pemerintah Provinsi Ntt Melalui Surat Gubernur Telah Meminta Secara Resmi Kepada Mernteri Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyar Agar Bendungan Kolhua Dapat Di Pindhkan Ke Kabupaten Belu. Meski Telah Menerima Surat Langsung Dari Gubernur Ntt Namun Menurut Agus Sosiawan/ Pihaknya Masih Belum Meperoleh Kepastian Apakah Bisa Di Pidahkan Atau Tidak Bendungan Kolhua Ke Lokasi Baru Tersebut.

“yang usul itu pak Gubernur, tetapi kami di Balai Sungai belum ada petunjuk atau Keputusan dari Pusat untuk memindahkan Bendungan Kolhua Ke Kabupaten belu, semua tentu melalui Proses dan jika ada Perintah Pembangunan dari Pusat maka kami siap untuk laksanakan.” Katanya.

Di Tambahkan, Selain Bendungan Kolhua Pemerinatn Juga Telah Merecanakan Pembangunan 3 Bendungan Lainnya Di Ntt Masing-Masing/  Di Kabupaten Kupang/ Nagekeo Dan Sumba. Ketiga Bendungan Tersebut Termasuk Dalam Rencana Pemabangunan 7 Bendungan Di Ntt Dan 4 Diantaranya Sudah Dalam Proses Pekerjaan.(wr/by-nora).

Terima Kasih