Jalan Belobang, Gelap, Kotor, dan Rawan Kecelakaan, Senator Bali” Dimana Dana Pemeliharaan Jalan By Pass IB Mantra

Foto: Anggota DPD Asal Bali Gede Pesek Suardika

Denpasar., obor-nusantara.com-Senator Utusan dari Pulau Dewata, Provinsi Bali Gede Pasek Suardika, mempertanyakan sistem penggunaan dana Pemeliharaan setiap tahun yang di alokasikan Pemeintah Pusat melalui Kementerian PUPR di ruas jalan By Pass IB Mantra. Dengan anggaran dana pemeliharaan rutin yang mencapai miliar rupiah tiap tahunnya, jalan By Pass Ida Bagus Mantra semestinya bisa dalam kondisi baik, tidak pada kondisi saat ini yang terkesan kurang terawat.
Hal ini disampaikan Anggota DPD Made Pasek kepada wartawan, Selasa (8/5/2018), menanggapi hasil sidak DPRD Bali belum lama ini di jalan By pass IB Mantra yang kini dalam kondisi rusak dan gelap. Hasil sidak anggota dewan Bali menemukan fakta ada beberapa ruas jalan yang rusak namun tak segera diperbaiki.
Kondisi jalan juga terkesan kotor dan gelap di malam hari, minim rambu lalu lintas, sehingga sangat rawan kecelakaan lalu lintas.
Pasek mengaku prihatin, karena dengan anggaran pemeliharaan jalan yang ada, semestinya Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) 8 Surabaya melakukan perawatan jalan dengan baik, sehingga kondisi jalan tidak seperti saat ini.

Foto” lobang yang di tutup menggu akan rambu lalu lintas di salah satu titik di ruas jalan by pass IB Mantra (foto terkini, Selasa, 08/05/2018)

“Ini sungguh memprihatinkan, karena untuk merawat (jalan by pass IB Mantra) saja koordinasinya tidak jelas,” tegas politisi partai Hanura asal Buleleng ini.
Pasek minta pihak terkait, dalam hal ini Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Wilayah VIII, agar lebih memperhatikan pemeliharaan jalan sepanjang ruas jalan by pass Prof Dr. Ida Bagus Mantra.
“Jalan itu (by pass IB Mantra) merupakan jalan utama. Akan amat berbahaya bagi pengguna jalan jika kurang diperhatikan perawatannya. Di sana banyak perempatan. JIka jalan berlobang dan gelap di malam hari akan sangat berbahaya dan rawan terjadi kecelakaan,” ujarnya. Sementara itu Kepala Satuan Kerja (Kasatker) Jalan By Pass IB mantra Anak Agung Gede Sanjaya yang di hubungi pada selasa, 8/05/2018 membantah apa yang telah di beritakan media.
Menurut Sanjaya, jalan By Pass IB Mantra tidak berlobang atau rusak sepeeti yang di beritakan. “mana yang rusak pak, itu semua berita sudah lama”. Katanya.
Bahkan menurut Kasatker, foto yang terpasang di media juga adalah foto lama dan kondisi lapangan tidak seperti yang di beritakan. “foto kapan itu pak, kami punya dokumen soal kejadian laka lantas di ruas itu”. Beber Sanjaya.
Sebelumnya, anggota DPRD Provinsi Bali Gusti Putu Widjera meminta Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Wilayah VIII memperhatikan sepanjang Jalan Prof Dr. Ida Bagus Mantra yang banyak kerusakannya.
“Sepanjang By Pass IB Mantra dari Tohpati (Denpasar) hingga Kusamba, Kabupaten Klungkung sudah banyak yang terkelupas. Bahkan di dekat Kantor Polsek Denpasar Timur jalan tersebut rusak, sehingga dalam pekan ini sudah ada kecelakaan pengendara sepeda motor di kawasan tersebut,” kata Widjera di Denpasar, Kamis (3/5/2018).
Ia mengatakan tanggung jawab mengenai pemeliharaan jalan bypass IB Mantra tersebut adalah BPJN, oleh karena itu pihaknya berharap segera melakukan perbaikan dan pemeliharaan secara rutin dalam upaya menjaga keselamatan bagi pengendara.
“Kalau sudah jalannya bagus dan mulus, serta pada malam hari penerangan jalan tersebut nyala, maka angka kecelakaan bisa ditekan,” ujar politikus asal Desa Menanga, Kabupaten Karangasem.(wr/by-beritabali.com).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *