Dirlantas Polda Bali, Minimalisir Kecelakaan, BPJN 8 Surabaya  Perhatikan Kondisi By Pass IB Mantra

Foto: Direktur Lalu Lintas Polda Bali, Kombes Pol Anak Agung Sudana,

Denpasar, obor-nusantara.com-Sering terjadinya kecelakaan lalu lintas di Jalur Jalan By Pass IB Mantra Denpasar Bali, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VIII Surabaya melalui Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Metropolitan Denpasar di minta agar memperhatikan masalah Rambu lalau lintas termasuk Kerusakan di Ruas Jalan tersebut.

Ha tersebut di kemukakan Direktur Lalu Lintas Polda Bali, Kombes Pol Anak Agung Sudana, saat di temui di Denoasar. Dirinya  meminta instansi terkait yakni Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) agar memperhatikan kondisi jalan By Pass IB Mantra.

Hal ini disampaikan Agung Sudana menanggapi temuan DPRD Bali yang menyebutkan kondisi jalan By Pass IB Mantra kurang terawat, banyak lubang, bergelombang, kotor, dan gelap, sehingga rawan kecelakaan lalu lintas.

“Kita akui jalan by pass Mantra ini memang rawan kecelakaan,” ujarnya kepada wartawan di Renon, Denpasar, Kamis (10/5/2018).

Terkait kondisi jalan yang rusak, Agung Sudana meminta pihak atau instansi terkait agar lebih memperhatikan perawatan jalan By Pass Ida Bagus Mantra.

“Terkait kondisi jalan, jika memang ada yang rusak, tentu kita tidak bisa bekerja sendiri, perlu peran lalu lintas (Ditlantas Polda Bali) beserta stakeholder terkait lainnya. Harus kita sikapi bersama-sama, karena jalan ini representatif dan memiliki arti dan fungsi yang penting,”ujarnya.

Pihak Ditlantas Polda Bali, jelas Agung, sudah bekerja maksimal untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas di ruas jalan by pass Ida Bagus Mantra. Antara lain dengan melakukan patroli rutin dan menegakkan aturan terutama terkait rambu lalu lintas.

“Jika ada rambu-rambu yang kurang, kami akan buat kajian. Demikian juga jika ada rambu lalu lintas yang dilanggar, kami juga akan tegakkan aturan, seperti rambu larangan parkir. Jika sudah ada rambu larangan parkir, tentu masyarakat harus tertib, jangan sampai ditegur lagi oleh petugas,”tegasnya.

Agung Sudana menambahkan, selain kondisi ruas jalan yang memang lebih perlu diperhatikan, kecelakaan yang terjadi di ruas jalan by pass IB Mantra ini juga disebabkan oleh pelanggaran yang dilakukan pengendara. Seperti berhenti tidak pada tempatnya, truk dan motor yang masih menggunakan lajur kanan jalan by pass, dan perilaku tidak disiplin lainnya yang berdampak pada pemakai jalan lainnya.

“Ini memang harus dibenahi bersama. Kami sudah melakukan tugas kami, namun sarana dan prasarana jalan juga harus diperhatikan dan dirawat dengan baik. Apalagi kondisi jalan by pass IB Mantra saat ini juga agak gelap di malam hari karena minimnya lampu penerangan jalan,”pungkasnya.[wr/by-bbn/psk]

Terima Kasih