Kementerian PUPR Segera Bangun 3 Jembatan Di Ruas Kolbano Boking

Foto: kondisi salah satu Titik jalan Kolbano boking yang belum di tangani dan kini menyulitkan pengendara
Kupang, obor-nusantara.com-Guna memfungsikan Jalur Trans Selatan Timor (batu putih, Panite Kolbano-boking) yang menghubungkan sejumlah Kabupaten di Pulau Timor Termasuk Jalur ke Negara Timor Leste Distrik Kivalima melalui Pintu Masuk Motamasin di Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Segera membangun 3 jembatan di Jalur Tersebut.
Ke tiga jembatan yang akan di bangun itu masing-masing, Jembatan Sahan dan Jembatan Bakoab di Kecamatan Nunkolo, Kabupaten Timor Tengah Selatan serta Perbaikan Lantai Jembatan Maskolen di Kecamatan Amanuban Selatan Kabupaten TTS.
“ruas kolbano boking ini merupakan salah satu jalan alternatif penting yang harus di bangun juga karena menghubungkan sejumlah Kabupaten di Pulau timor termasuk Negara Timor Leste. Di ruas ini ada 3 jembatan yang kini dalam kondisi memprihatinkan sehingga harus di bangun.” jelas Kasatker Wikayah dua BPJN X Kupang Rahyudi usai mendampingi Kasubdit Pemograman Jembatan Direktorat Jenderal Bina Marga Budi Harimawan di jalur kolbano boking pada selasa, 08/05/2018.


Menurutnya, saat mendampingi Direktur meninjau kondisi jalan jalur Selatan timor di ruas Kolbano Boking pihaknya telah meminta agar ruas ini segera di tuntaskan karena telah masuk dalam.salah satu jalur utama antar negara.
“saya sampaikan kepada bapak Direktur bawa ruas ini sangat penting dan masih ada sejumlah jembatan yang harus di bangun termasuk 9,9 kilo meter jalan yang belum tuntas di bangun.” katanya.
Dikatakan, setelah di tinjau oleh Direktur Pemograman Ditjen Bina Marga maka sisa Jalan dan 3 jembatan ini akan di upayakan agar bisa di bangun pada tahun 2018 pada alokasi dana APBN-P 2018.
“tanggapan bapak Direktur sangat baik dan jika memungkinkan anggarannya akan masuk pada APBN-P 2018 ini.” jelas Rahyudi.
Untuk di ketahui, sejak beberapa tahun ini Pemerintah telah membangun Ruas jalan batu puti, Panite-kolbano-boking hingga pintu masuk motamasin di kabupaten Malaka dengan panjang total 422 kilo meter. Dari jumlah panjang jalan yang ada ini, masih tersisa 9,9 kilo meter termasuk 3 jembatan yang kondisinya masih darurat dan perlu di tangani.
Sayangnya pembangunan jalan kolbano.boking pada tahun anggaran 2018 ini tidak mendapat alokasi dana dari APBN Murni. Sementara tingkat lalu lintas di ruas ini ramai dan padat terutama pada saat jelang Hari Raya. (wr/by-nora).

Terima Kasih Tetap bersama kami di Media Obor Nusantara