Terlibat Korupsi Dana Sail Komodo, Penyidik Kejari Mabar Tahan 2 TSK Dispar Mabar

Foto: Tersangka, Theodurus Suhardi dan Yosefus Sukardi saat dihantar penyidik menuju tahanan Polres Mabar, Jumat (7/6). Foto doc: Gerasimos Satria/VN

Labuan Bajo, obor-nusantara.com-setelah di lakukan pemeriksaan selama beberapa jam, Penyidik Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) Jumat (6/7/2018) akhirnya menahan Kepala Dinas Pariwisata Mabar Theodorus Suhardi dan salah satu stafnya Yosefus Sukardi.
Seperti di lansir victorynews.com, Penahanan terhadap ke dua tersangka ini di lakukan setelah penyidik menetapkan mereka sebagai tersangka pada kasus korupsi penyalagunaan APBD II Mabar dalam pelaksanaan program pengembangan pemasaran pariwisata dan program pengelolahan keragaman budaya untuk penyelenggaraan Sail Komodo tahun 2013 senilai Rp 1.171.642.000 dengan kerugian negara mencapai Rp 487 Juta. Kedua tersangka Suhardi dan Sukardi ditahan di Rutan Polres Mabar selama beberapa hari ke depan.
Dalam proyek sail Komodo tahun 2013 itu Suhardi bertindak sebagai Penguna Anggaran atau Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan Sukardi menjadi bendahara pengeluaran pada Dinas Pariwisata Mabar.
Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Mabar Yulius Sigit Kristanto kepada wartawan mengatakan, keduanya akan ditahan selama 20 hari untuk kepentingan penyidikan. Ia berjanji akan mempercepat proses penanganan kasus itu sehingga dalam waktu dekat akan berkas dilimpahkan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Kupang.
Dia mengatakan penyidik tindak pidana Khusus mulai menangani dugaan korupsi Sail Komodo sejak tahun 2014 lalu. Sejumlah pihak terkait program Sail Komodo telah dimintai keterangan oleh penyidik. Dokumen program Sail Komodo tersebut telah disita oleh penyidik untuk kelengkapan berkas perkara.
Sementara itu tersangka Theodurus Suhardi kepada wartawan mengatakan dirinya akan mengajukan praperadilan terkait penetapan dirinya sebagai tersangka. Gugatan itu telah didaftarkan di Pengadilan Negeri Labuan Bajo. (wr/by-vn-bev/ol)

Terima Kasih Tetap bersama kami di Media Obor Nusantara