Alat Uji Rusak, ,uji Kir Kendaraan Pemkab Kupang dialihkan ke Kabupaten Lain

Oelamasi,obor-nusantara.com
Persoalan alat uji kendaraan yang dimiliki UPTD Pengujian di Kabupaten Kupang yang sudah tidak berfungsi sejak tahun 2002, jika hingga 2019 masih dalam kondisi Tak difungsikan sesuai alat yang digunakan  sebagai syarat dalam pengujian kendaraan maka dimungkinkan pengujian kendaraan akan dipindahkan ke kabupaten atau Kota Terdekat.

Hal ini terbukti saat ombudsman perwakilan NTT menyambangi UPTD Pengujian sesuai yang diberitakan obor-nusantara.com pada Rabu,18/7/2018 lalu.

Ditemukan ombudsman, semua alat uji mekanik kendaraan di gedung pengujian dalam kondisi rusak berat sehingga pengujian kendaraan dilakukan secara visual saja.

Menanggapi permasalahan ini,Kepala dinas Perhubungan Kabupaten Kupang Djoni Ati Selasa, 31-7-2018 diruang kerjanya mengatakan, Soal gedung pengujian Kabupaten Kupang sudah dibangun di Oelamasi,sedangkan  kantor saja yang  belum dibangun serta pengadaan alat ujinya.

Rencana ini sudah di usulkan Namun menurutnya karena keadaan keuangan  Daerah yang mengalami defisit sehingga ditunda hingga 2019 nanti.

“Perlengkapan alat uji kami upayakan lewat kementrian karena Dana Alokasi Umum sendiri tidak mampu untuk pengadaan alat uji itu sendiri. berbagai langkah dari dinas sudah kita upayakan ke kementrian baik melalui proposal dan juga asistensi”jelasnya.

Kadis juga menambahkan, Kementrian Perhubungan sudah  menegaskan bahwa jika gedung uji dan alat uji tidak memenuhi syarat sesuai ketentuan yang diamanatkan oleh aturan maka akan dipindahkan ke daerah terdekat yang memenuhi syarat.

“Ini sangat disayangkan karena dari pengujian itu sendiri mendatangkan PAD yang cukup besar bagi daerah ini.Menteri Perhubungan sudah menegaskan Itu.Uji kendaraan harus sesuai aturan dan memenuhi syarat secara elektronik sehingga tidak merugikan kepentingan umum”imbuh Djoni.(by kenzo)

Terima Kasih Tetap bersama kami di Media Obor Nusantara