Ka BPJN X Kupang, Kondisi Jalan Di NTT Sudah Jauh Lebih Baik Dari Daerah Lain Di Indonesia

oleh

Kupang, obor-nusantara.com-Kondisi Jalan di Wilayah Nusa Tenggara Timur di Nilai Masih jauh lebih baik dari Daerah lain di Indonesia yang rata-rata dalam kondisi rusak Ringan, berat dan sedang. Hal tersebut menjadi salah satu pertimbangan Pemerintah Pusat hampir setiap tahun anggaran dana penanganan jalan Nasional di Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) X Kupang menurun.
Perbandingan Kondisi jalan Nasional di Nusa Tenggara Timur yang di anggap jauh lebih baik dari daerah lain di Indonesia tersebut di sampaikan Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional X Kupang M. Napitupulu kepada wartawan saat di temui di RUANG Tunggu Tamu milik BPJN X Kupang di Desa Tanah Merah Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Kamis, 06/09/2018.
Menurutnya, Alokasi anggaran untuk penanganan jalan di NTT yang di kelola oleh BPJN X Kupang dalam beberapa tahun terkahir ini terus menurun.


Hal ini selain di akibatkan adanya evisiensi anggaran dari pemerintah Pusat juga kondisi jalan di NTT yang sudah jauh lebih baik dari daerah lain di Indonesia.
“di NTT itu jalannya sudah sangat bagus, kalau kita bandingkan dengan daerah lain contoh pernah viral di media sosial tetang presiden menaruh prihatian soal kondisi jalan Wilayah Provinsi Sumatera Utara, jadi di sumatera itu jalannya masih banyak rrusak” Kata Napitupulu.
Dikatakan, pemerintah setiap tahun terus melakukan evaluasi terhadap seluruh kondisi jalan di semua daerah di indonesia.
“Kita tiap tahun evaluasi kondisi jalan di setiap daerah dan hasilnya terus membaik dan ini pasti mempengaruhi Alokasi Anggaran untuk jalan” Jelasnya. Napitupulu juga menjelaskan, untuk Tahun Anggaran 2019 mendatang Alokasi dana APBN untuk jalan di NTT hanya berkisar Rp. 900 milyar. Jika di bandingkan dengan tahun 2018 ini maka menurun dari Rp. 1,1 triliun.
“tahun 2019 anggaran untuk jalan di NTT turun dari Rp. 1,1 trilun menjadi Rp. 900 milyar” katanya.
Sementara dari informasi yang berhasil di himpun tercatat masih banyak atau sekitar 20 hingga 30 persen kondisi jalan Nasional di NTT belum memenuhi standar jalan Nasioal, sehingga masih membutuhkan penanangan dengan Alokasi Dana APBN yang Cukup besar. (wr/nora).