Hut ke 73, Kesad Tingkatkan Pelayanan Preventif Hingga Wilayah Terluar

Kupang,obor-nusantara.com
Kesehatan Angkatan Darat (Kesad) dalam peran mendukung tugas pokok TNI – AD,mengutamakan pelayanan preventif berupa Dukungan Kesehatan (Dukes), Pelayanan Kesehatan (Yankes) serta Penelitian Pengembangan Kesehatan (Litbangkes).

Amanat Kepala Pusat Kesehatan Angkatan Darat yang di bacakan oleh DanDenkesyah 09.04.01 Kupang, Letkol CKM. dr. Imanuel E. S Purba, Sp, THT-KL  pada perayaan HUT 73 Kesehatan Angkatan Darat, Jumat (27/10/2018) di Halaman Rumah Sakit  Tentara (RST) Wira Sakti Kupang.

Dibacakannya,moment perayaan HUT 73 Kesehatan Angkatan Darat tahun 2018 sebagai upaya peningkatan kualitas kinerja mendukung tugas pokok TNI-AD yang kian kompleks dan penuh tantangan.

HUT ke 73 Kesad dijadikan sebagai wahana evaluasi dan introspeksi menyamakan langkah dalam menyongsong tugas – tugas penting berikutnya.

Sesuai keputusan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Puskesad saat ini sedang giat melakukan uji coba validasi organisasi untuk tingkatkan kinerja yang berorientasi pada tugas pokok yang optimal

Hal itu dijabarkan Melalui fungsi – fungsi pembinaan kecabangan, dukungan kesehatan, pelayanan kesehatan, kesehatan preventif, materil kesehatan serta  penelitian dan pengembangan kesehatan sehingga Puskesad menjadi organisasi yang profesional, efektif, efisien dan modern.

Sebab, Doktrin TNI AD Kartika Eka Paksi berdasarkan keputusan Panglima TNI tahun 2018 bahwa tugas dan fungsi Puskesad berubah dengan lebih mengutamakan pelayanan kesehatan preventif dan litbangkes

Hal ini sejalan dengan thema Hut ke 73″ dilandasi semangat pengabdian 73 tahun Kesad reformasi birokrasi kita tingkatkan Dukes yang handal dan Yankes yang prima serta Litbangkes yang aplikatif guna mendukung Tugas Pokok TNI-AD”

Di uraikannya, pembinaan Dukes yang handal dijabarkan dalam pelaksaan kegiatan Rikes berkala secara profesional  dan sesuai norma dalam tugas pokok Puskesad.

Dan juga Menyiapkan tim Dukes yang siaga setiap saat, utamakan respon time, kecepatan dan ketepatan aksi dalam upaya bantuan kesehatan pada korban bencana alam.

Pasca perayaan HUT 73 Kesad, kepada awak media,Dan Denkesyah 09.04.01 Kupang, Letkol CKM. dr. Imanuel E. S Purba, Sp, THT-KL mengatakan mendukung tugas pokok TNI-AD di wilayah NTT terutama daerah terpencil, pulau terluar dan pengamanan perbatasan telah di siagakan Satuan Tugas Kesehatan (Sargaskes) dilengkapi tenaga dokter dan personil kesehatan lainnya.

Tantangan utama dalam pelayanan kesehatan katanya, adalah fasilitas berupa peralatan kesehatan dan tenaga kesehatan yang dimiliki RST Wira Sakti Kupang sebagai rumah sakit tingkat IV masih belum memadai.

Oleh karena itu,untuk tingkatkan status RST Wira Sakti dari tingkat IV ke tingkat III sedang di lakukan kajian oleh Mabes TNI-AD melalui bidang Perencanaan Angkatan Darat.

“tantangannya itu tadi, dengan tingkat IV pasti fasilitasnya minim.dengan tingkat III fasilitasnya tambah, personilnya juga,”pungkasnya.

Hal lain yang perlu dilengkapi adalah Minimnya tenaga kesehatan yang dimiliki oleh RST Wira Sakti

Namun persolan tersebut bisa atasi melalui kerja sama dengan pemerintah daerah yang menempatkan dokter di RST Wira Sakti.

“Target utama sebenarnya adalah meningkatkan kesehatan prajurit dan masyarakat di NTT melalui pelayanan kesehatan preventif sesuai motto senyum, sopan dan simpati dalam pelayanan”terangnya

Sementara,Kepala RST Wira Sakti Kupang Mayor CKM. dr. Aan mengatakan sebagai upaya memberi pelayanan kesehatan kepada prajurit dan masyarakat umum, RST Wira Sakti pun bekerja sama dengan BPJS Kesehatan sehingga dapat melayani masyarakat yang menggunakan program BPJS.

Ia pun menyampaikan Kendala utama pelayanan di RST Wira Sakti yang masih tergolong type C yakni masih minim bangunan dan personil militer organik, namun masih bisa diatasi dengan melakukan kerja sama dengan dokter dari luar, memberi pelayan bagi masyarakat sebaik mungkin.

Acara perayaan HUT 73 Kesehatan Angkatan Darat juga di tandai dengan peresmian dan penandatanganan prasasti 3 bangunan baru yaitu Aula serba guna, ruangan pengolahan sampah medis dan Dokmil Rumkit.(kenzo)

Terima Kasih Tetap bersama kami di Media Obor Nusantara