Program PIP Kelompok Sadar Bangun Desa Oelpuah Panen Jagung Lokal Pit Kuning di Musim Panas

Kupang, Obor-nusantara.com-Para petani di Desa olpuah, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang,  Nusa tenggara Rimur (NTT)  memanen jagung lokal jenis pit Kuning di musim. Panas melalui program  Kegiatan peningkatan indeks pertanaman (PIP) yang dicanangkan oleh BPTP NTT di Desa  tersebut.

Kegiatan yang bimbing oleh Charles Bora selaku penanggung jawab kegiatan,Rabu,14/11/2018 di lokasi panen simbolis menjelaskan bahwa program PIP merupakan program yang mengefektifkan sisa air pasca panen musim tanam pertama diatas lahan petani .

Program ini dilandasi dengan kondisi alam NTT yang dihadapkan dengan keterbatasan air atau 3 bulan saja musim hujan.

“Untuk saat ini memang debit air hanya mampu untuk luasan lahan yang kecil.namun kedepan kita akan perluas dengan adanya embung dan sumur bor yang disiapkan”terang Charles

Charles juga menghimbau petani bahwa pemerintah akan terus mendukung petani yang memiliki niat kerja.petani diminta tunjukan kemauan kerja dan pemerintah akan mendukung itu melalui program kegiatan.

“Kami buat kesepakatan bersama petani untuk bisa perluas di wilayah sawah Oelpuah,pemanfaatan lahan untuk menanam berbagai komoditi dengan sisa air yang ada.embung dan sumur bor yang ada disepakati agar benar-benar dimanfaatkan secara baik.tahu ini petani Fajar bangun panen Jagung pit kuning jagung lokal NTT.dengan luas lahan,2 hektar jagung dan 5 hektar padi sawah.

Camat Kupang tengah Ridolf Tlaan,SH meminta petani dalam kelompok sadar bangun terus meningkatkan produksi pertanian.

“Manfaatkan lahan dan sisa air pasca panen untuk tanam dengan berbagai jenis komoditi.ini bisa meningkatkan ekonomi masyarakat.jangan habis panen,lahan dibiarkan padahal masih ada air,tapi petani lebih banyak berdiam di rumah.” Tandasnya

Hadir dalam kegiatan dimaksud,camat Kupang tengah,staf BPTP,Penyuluh pertanian dan pengurus bersama segenap anggota kelompok tani sadar bangun.(by kenzo)

Terima Kasih Tetap bersama kami di Media Obor Nusantara