BPJN X Kupang Segera Tangani Longsor dan Abrasi di Ruas Jalan Kota Kalabahi-Taramana

Kalabahi-Alor, obor-nusantara.com-Ancaman Longsor dan Abrasi pada tembok penahan akibat hantaman ombak serta runtuhnya tanah dari bukit yang merusak ruas jalan Kota kalabahi-Taramana, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT) segera di tangani oleh Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) X Kupang melalui program long segmen.
Saat ini dari tiga titik lokasi abrasi pada tembok penahan  di ruas jalan tersebut, dua diantaranya telah ditangani dan satu titik lainnya akan di tangani dalam waktu yang tidak lama.
Abrasi yang merusak sebagian tembok penahan di kilo meter (km) 25 di Desa Lembur Timur, ruas jalan batas Kota Kalabahi-taramana sudah mencapai sekitar seratus meter.


Di titik ini terdapat bahu jalan yang lobang akibat di hantam gelombang dan sudah mulai rusak sampai ke bahu jalan.
Selain di kilo meter 25 terdapat juga abrasi di dua titik yang kini sudah di tangani oleh kontraktor pelaksana melalui program Long segmen.
“Betul pak, itu salah satu program penanganan setelah addendum kedua yang disetujui. Kerusakan seperti itu ada 3 lokasi, dan kontraktor sedang melaksanakan penanganan di 2 lokasi di akhir ruas batas kota kalabahi – taramana. Setelah selesai mereka lanjut di lokasi di kilo meter 25”. Jelas Kepala Satuan Kerja (Kasatker) Wilayah 1, BPJN X Kupang Rahyudi Khalit, ST saat di hubungi pada Jumat,23/11/2018.


Menurutnya, ruas ini masih dalam proses penanganan log segmen sehingga jika ada yang rusak selama belum habis masa kontrak maka, akan menjadi tanggng jawab penyedia jasa (Kontraktor).
“Itu kan masih dalam penanganan long segmen, jadi nanti setelah dua titik itu selesai langsung pindah ke lokasi di Desa Lembur Timur, Kecamatan Lembur Timur”. Katanya.
Sementara itu dari hasil pantauan di lapangan, abrasi terparah terjadi di Desa Lembor Timur, Kecamatan Lembor Timur masih belum di tangani. Hantaman ombak terus mengikis material batu dan pasir yang membuat lobang semakin membesar dan mengancam keselamatan para pengendara.
Selain titik ini juga terdapat dua lokasi longsor yang sudah di tangani oleh kontraktor melalui program long segmen.(wr/nora)

Terima Kasih Tetap bersama kami di Media Obor Nusantara