Andre Koreh, Bangun Jalan Provinsi 2,670 Kilo Meter, Butuh Dana Rp. 3,7 Triliun

Kupang, obor-nusantara.com-Untuk menuntaskan 40 persen dari total panjang jalan Provinsi 2,670 kilo meter Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) membutuhkan dana paling sedikit Rp. 3,7 triliun. Karena itu jika target Pemerintah menyelesaikannya dalam kurun waktu 3 tahun maka harus menyiapkan dana minimal Rp. 1,3 trilun Per tahun.
“total panjang jalan Provinsi di seluruh NTT itu ada 2, 670 kilo meter dengan kondisi 60 persen baik dan 40 persen dalam kategori rusak berat dan ringan. Artinya masih ada 1000 kilo meter lebih jalan yang harus di tangani dengan asumsi, 1 kilo meter dengan lebar 4,5 meter hotmix maka harus ada dana minimal Rp. 3, 7 triliun atau Rp. 1, 3 triliun per tahun yang harus di siapkan oleh Pemerintah Provinsi”. Kata Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi NTT Andre W. Koreh usai mengikuti Upacara Hati Bhakti Pekerjaan Umum ke 73 tahun 2018 dan apel ASN Tingkat Provinsi NTT minggu pertama Bulan Desember di alun-alun Rumah Jabatan Gubernur NTT di Jalan El Tari dua Kota Kupang pada Senin, 03/12/2018.
Menurutnya, pemerintah tidak hanya membangun Infrastruktur saja tetapi masih banyak yang akan di bangun dengan anggaran DAK dan APBD.
“masih banyak yang masih harus mendapat merhatian seperti Air Bersih, Embung dan Lainnya. Masih ada ribuan embung yang harus di bangun di setiap desa yang ada di NTT”. Ujarnya.
Dikatakan, jika semua desa di NTT akan di bamgun Embung sesuai janji Gubernur NTT maka ada lebih dari 3 ribu Desa di NTT yang belum memiliki Embung.
“Di NTT ada 3 ribu lebih Desa dan kalau mau di bangun embung maka harus butuh dana banyak karena satu embung nilainya mencapai Rp. 1.5 milyar.”. Ujar Andre.
Terkait kesiapan Dinas Teknis untuk kegiatan pembangunan jalan menurut Andre Koreh, sebagai dinas teknis pihaknya telah nenyiapkan semua desain dan tinggal dipakai saja.(wr/nora)

Terima Kasih