NTT Tempati Urutan Pertama Penderita Penyakit Jantung Di Indonesia

Kupang, Obor-nusantara.com-Hasil Riset Tingkat Kesehatan Penderita Jantung Yang diambil melalui Sebuah Penelitian dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Tahun 2013 menunjukan, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menempati Urutan Pertama Penderita Penyakit Jantung Koroner dari seluruh Provinsi Di Indonesia.
Sampel yang di gunakan sebagai metode pengambilan data oleh Kementerian adalah dari hasil. Rekapan pelayanan pasien Jantung yang berobat setiap hari di seluruh Puskesmas dan Rumah Sakit yang Ada di Indonesia.
“data yang di tampilkan oleh Pemerintah Melalui Kementerian memang sangat membuat kita sebagai Dokter akhli jantung sangat terpukul juga tetapi ini semua harus menjadi beban bersama karena dari standart Nasional dari penderita Kangker koroner itu 1,5 persen, sementara NTT 4,4 persen dan ini sangat tinggi, sebut dr. Leonora Tiluata, Sp. JP dan dr. Lowry Yunita, Sp.JP saat menyampaikan materi pada Kegiatan Pembukaan penggunaan Sistem unit Kateterisasi Jantung Pertama di Rumah Sakit Siloam Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Sabtu, (08/12/2018).


Menurut dr. Leonora dan dr. Lowry Yunita, salah satu penyebab utama tingginya penderita Penyakit Jantung Koroner di NTT adalah masalah Pola makan yang di pengaruhi oleh Budaya adat istiadat serta didukung dengan sarana Kesehatan terutama. Peralatan medis yang sangat minim.
“selain dua persoalan ini ya memang ada pengaruh juga dari sisi kekurangan tenaga Dokter di daerah pada waktu itu dan kita bersyukur data tahun 2018 yang baru di publikasikan oleh Kementerian Kesehatan jumlah penderita jantung koroner di NTT sudah relatif menurun” kata dokter yang mengaku pernah bertugas selama 9 tahun seorang diri sebagai dokter ahli penyakit jantung di NTT ini.
Dikatakan, memang saat ini sudah ada 9 dokter ahli penyakit jantung di NTT dengan penyebarannya 7 di Kota Kupang dan dua orang di luar NTT.
“kini di NTT sudah ada 7 orang dokter ahli penyakit jantung kami ada 5 di kupang dan 1 lagi di flores serta 1 di Alor. Jelas dr Leonora.
Dijelaskan, untuk membantu serta memberikan pelayanan kesehatan bagi Masyarakat NTT, saat ini di Rumah Sakit Siloam Kota Kupang sudah di operasikan mesin sistem Kateterisasi Jantung yang baru pertama kali ada di NTT.
“masyarakat kita berharap bisa tertangani dengan mesin jantung ini karena sebelumnya tidak ada sementara Penderita jantung sangat tinggi”. ujarnya.
Untuk itu kedua dokter ini berharap dengan hadirnya alat mesin jantung sistem kateterisasi dapat membantu menyelamatkan para penderita penyakit jantung yang ada di NTT. Mereka juga menghimbau agar apapun gejala yanh di rasakan mengganggu kesehatan dapat Segera di konsultasikan kepada dokter sebelum terjadi hal yang lebih buruk dalam hidup. (wr/nora).

Terima Kasih