Diduga Ada Indikasi Kecurangan Panitia Pilkades, Warga Ponain Mengadu ke DPRD Kabupaten Kupang

Oelamasi, obor-nusantara..com-
Salah satu kandidat Pilkades Desa Ponain kecamatan Amarasi Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT)  bersama pendukungnya mengadu kecurangan panitia pilkades pada pemilihan Kepala Desa Serentak beberapa waktu lalu kepada DPRD setempat.

Kedatangan ratusan  warga di Gedung Dewan perwakilan Rakyat Daerah kabupaten Kupang untuk mengadu soal hasil pilkades yang dilaksanakan tanggal 22 November 2018 lalu yang diduga merugikan calon nomor urut 1 atas nama Alfarius Kalumbang. Warga meminta dewan mencarikan solusi terbaik terhadap permasalahan ini.

Seperti yang disaksikan media ini, Senin (10/12/2018), dengan susana tertib kedatangan warga dikawal anggota Polres Kupang juga anggota Satpol PP.

Mereka  menemui pihak sekretariat dewan untuk bertatap muka dengan pimpinan dan anggota dewan.

Setelah disepakati, warga kemudian diarahkan masuk ke ruang rapat dewan menemui Ketua DPRD, Yosep Lede dan dua Wakil Ketua, Johanes Mase dan Daniel Taimenas.Kepala Dinas PMD Kabupaten Kupang, Anis Masneno dan Kabag Hukum, Emanuel Luik dan juga anggota Dewan lainnya.

Untuk diketahui, hasil pemilihan kepala desa (Pilkades) Ponain, Kecamatan Amarasi, Kabupaten Kupang tanggal 22 November 2018 dipersoalkan salah satu calon kepala desa, Alfarius T Kalumbang, SE, MM. Kalumbang keberatan dan menolak hasil pilkades karena menurut mereka ditemukan dugaan adanya kejanggalan yang dilakukan panitia pelaksana pilkades.

Ada tiga hal urgen yang dikedepankan Kalumbang terkait kerja-kerja panitia sehingga pihaknya tidak menandatangani berita acara hasil pilkades. Kalumbang mengajukan keberatan hasil itu kepada panitia juga tembusan ke para pihak yang berkepentingan dan meminta agar dilakukan pilkades ulang.

Kalumbang didampingi saksinya saat pilkades, Heminius Seran menyampaikan hal ini termasuk memberikan surat keberatan yang ditujukan kepada panitia pilkades kepada wartawan di Oelamasi, Senin (26/11/2018) petang. (wr/kenzo)

Terima Kasih Tetap bersama kami di Media Obor Nusantara