Zero Pendapatan Dari Bumdes, Penjabat Kades Manusak Tangguhkan Penyertaan Modal

Oelamasi,obor-nusantara.com-
Penjabat Kepala Desa Manusak Kecamatan Kupang Timur Kabupaten Kupang,Abraham Kehi tangguhkan alokasi anggaran penyertaan modal untuk kegiatan BUMDES Bina Makmur Di Desa Manusak.

Penyertaan modal untuk bumdes di tahun 2018 ditahan dan tidak terserap akibat tidak ada laporan pertanggung jawaban dari pengelola dan tidak ada bukti fisik kegiatan bumdes yang nampak hingga saat ini.

Hal ini disampaikan Abaraham Kehi saat ditemui di ruang kerjanya di Kantor Desa Manusak,Senin,10 Desember 2018.

“Ada 2 item kegiatan yang kita pending dananya dari Dana Desa tahun 2018.dari keduanya total dana sekitar 180 juta.Dana tersebut masuk dalam silpa tahun ini.dua item kegiatan itu,Diantaranya:penyertaan modal untuk bumdes dan juga alokasi anggaran untuk taman eden”katanya

Menurut Kehi,2 item kegiatan tersebut dinilai bermasalah dan tidak ada laporan pertanggungjawaban yang jelas dari pengelola kegiatan,sehingga dirinya mengambil kebijakan untuk menahan sejumlah dana untuk kegiatan tersebut sampai adanya laporan yang jelas dari pengelola.

Kehi juga mengaku pengurus BUMDES juga tidak aktif dan tidak ada kegiatan sama sekali selama masa kepemimpinannya.

“Saya sudah panggil pengurusnya tapi tidak pernah datang untuk pertanggung jawabkan.saya panggil sudah 3 kali.tapi mereka tidak pernah datang.kantor bumdes juga tidak pernah ada kegiatan apa-apa.”pungkasnya

Sementara bendahara Desa Manusak,Janti de gambir mengatakan sejumlah dana yang ditahan dari kedua item kegiatan itu masuk dalam silpa tahun 2018.

“Memang benar,jumlah dananya sekitar 180 juta lebih yang tidak kita dialokasikan.sehingga dana itu masuk dalam silpa”ungkapnya

Saat ditanya soal pendapatan Desa dari Bumdes tersebut yanti mengaku tidak pernah ada penerimaan sepersen pun dari Usaha di BUMDES tersebut sejak tahun 2017

Ia juga mengaku hal yang sama bahwa pengurus BUMDES tidak aktif.

Informasi yang diperoleh,pada tahun 2017,Penyertaan modal dari dana Desa Manusak untuk Bumdes sebesar 50 juta Rupiah,termasuk diperuntukan bagi operasional  BUMDES.bidang Usaha BUMDES bergerak dibidang jual pulsa dan pengadaan pupuk untuk dijual kepada petani yang ada di manusak.

Pantauan media ini,kantor Bumdes Bina Makmur yang terletak di samping kantor Desa kondisinya tidak terawat dan tidak terlihat ada tanda-tanda aktifitas.

Pengurus Bumdes Bina Makmur Desa Manusak yang dipimpin oleh ibu Fatima,Eduardo martins selaku Sekretaris dan Isabel Madeira sebagai bendahara belum bisa ditemui media ini.(by kenzo)

Terima Kasih Tetap bersama kami di Media Obor Nusantara