Bank NTT Cabang Oelamasi  Serahkan KUR Bagi Mantan Buruh Migran Rp 225 Juta

Oelamasi, obor-nusantara.com-
Perdayakan mantan buruh migran atau TKI di Desa Raknamo Kabupaten Kupang, Bank NTT cabang Oelamasi serahkan bantuan 50 ekor sapi dan 60 ekor babi melalui program KUR senilai Rp 225 Juta  untuk 25 mantan TKI.

Mantan Pekerja Migran Indonesia (PMI) berjumlah 25 orang yang tergabung dalam kelompok fajar pagi,merupakan kelompok binaan bank NTT Cabang Oelamasi.

Kelompok ini akan terus dibina oleh Bank NTT dengan pendampingan dari bptp NTT dalam hal teknis penggemukan ternak Sapi dan babi.

Kepala Deputi Perlindungan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), Dr. Anjar Prihantoro,Selasa,18/12/2018 yang hadir dalam penyerahan dana KUR,memberikan  apresiasi dengan terobosan Bank NTT Cabang Oelamasi yang menyalurkan dana KUR dengan sangat baik kepada masyarakat Desa Raknamo,khususnya mantan Pekerja Migran.

Penyaluran KUR kepada kelompok ternak yang notabene terdiri dari mantan TKI,menurut Anjar Prihantoro, bukan saja dilakukan oleh Bank NTT, tetapi hal serupa juga dilakukan oleh Bank-Bank milik daerah di wilayah Pulau Jawa.

“Konsep pembangunan saat ini dilakukan dari desa. Desa saat ini menjadi subjek pembangunan. Karena pembangunan dari pinggir bertujuan untuk memberantas pengangguran,” ujarnya.

Ia mengatakan, dengan adanya bantuan KUR dari Bank NTT, masyarakat tidak lagi berniat untuk ke luar negeri karena tidak ada tujuan akhir yang ingin dicapai.

Sementara itu, Kepala Divisi Pemasaran dan Kredit Bank NTT, Beny Pellu mengatakan, Bank NTT melihat banyak potensi yang dimiliki oleh Desa Raknamo khususnya di bidang peternakan.

“Potensi disini sangat luar biasa. Sehingga Bank NTT berpikir bagaimana potensi yang ada harus dimanfaatkan dengan baik. Oleh karena itu, kami memberikan KUR dengan tujuan memberdayakan masyarakat di wilayah Desa Raknamo ini,” ujarnya sambil berharap masyarakat bisa memanfaatkan dengan baik bantuan dana KUR Bank NTT tersebut.

Di sisi lain, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kupang, Farens Foenay mengatakan, bertani dan beternak adalah hobi masyarakat Kabupaten Kupang. Ia berharap masyarakat Kabupaten Kupang bisa menjaga kepercayaan yang sudah diberikan oleh Bank NTT.

Ketua Kelompok Fajar Pagi Desa Raknamo, mengucapkan terima kasih kepada Bank NTT yang telah bersedia memberikan KUR kepada kelompok Fajar Pagi.

“Saat ini kami berterima kasih banyak kepada Bank NTT yang sungguh telah bersedia memberikan kami dana sehingga saudara-saudara kami dapat berusaha di kampung kami sendiri. Dana berjumlah 225 Juta telah kami terima.ini bukti nyata yang dibuat untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat” tandasnya.

Pantauan media, Acara Penyerahan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mikro Binaan Bank NTT Cabang Oelamasi dan BNP2TKI kepada PMI Purna Berusaha di Desa Raknamo, Kecamatan Amabi Oefeto, Kabupaten Kupang oleh Deputi Perlindungan BNP2TKI ini dihadiri oleh pejabat Bank NTT dan BNP2TKI beserta pejabat dari lingkup Pemkab Kupang. (Kenz)

Terima Kasih Tetap bersama kami di Media Obor Nusantara