Langgar Tatib Kampanye,  Oknum Caleg DPRD Kabupaten Kupang Ditetapkan Jadi Tersangka

Foto: Kapolres Kupang,  AKBP Indera Gunawan,  Sik

Oelamasi,Obor-nusantara.com
Bagi-bagi lampu tenaga surya bagi masyarakat diwilayah Amfoang Selatan,Kabupaten Kupang Propinsi NTT, Seorang oknum Calin Legislatif (Caleg) DPRD Kabupaten Kupang ditetapkan menjadi tersangka oleh penyidik Polres Kupang.

Oknum Caleg yang berinisial BB,Ditemukan Panwas Desa Oh Aem kecamatan amfoang Selatan, membagi lampu solar sel kepada masyarakat.Hasil temuan Panwas Desa selanjutnya dilaporkan ke Penyidik Kepolisian Resor (Polres) Kupang oleh Centra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu).

Kapolres Kupang, AKBP Indera Gunawan, S.Ik menyampaikan hal ini kepada wartawan di Babau, Selasa (12/3/2019).

Menurut Indera, pada tahapan kampanye Pemilu Tahun 2019, pihaknya mendapat satu laporan dari Gakkumdu Kabupaten Kupang. Dalam laporan itu disebut ada dugaan pelanggaran yang dilakukan oknum caleg berinisial BB  di Desa Oh Aem, Kecamatan Amfoang Selatan.

“Kita baru tangani satu laporan soal dugaan pelanggaran yang dilakukan satu oknum caleg berinisial BB. Untuk darimana asal partai itu kita tidak bisa masuk terlalu kedalam karena ini pribadi,” katanya.

Terang Indera, saat ini oknum caleg inisial BB  sudah ditetapkan sebagai tersangka dan sudah limpahkan berkasnya ke kejaksaan.

“Sudah dinyatakan lengkap maka kita limpahkan berkas ke kejaksaan.hingga saat ini baru satu tersangka,belum ada tambahan,”sebut Indera.

Untuk diketahui, Gakkumdu Kabupaten Kupang menindaklanjuti hasil temuan Dugaan pelanggaran,yang dilakukan oknum calon legislatif (caleg) DPRD Kabupaten Kupang dari PDIP di Desa Oh Aem, Kecamatan Amfoang Selatan.

Hal ini diakui Ketua Bawaslu Kupang Martony Reo kepada wartawan di Oelamasi, Senin (18/2/2019).

Menurut Martony, pada tahapan kampanye,pihaknya mendapat laporan dari Panwas Desa Oh Aem di Kecamatan Amfoang Selatan.Bahwa pada tanggal 18 Januari 2019, oknum caleg DPRD Kabupaten Kupang dari PDIP,lakukan pelanggaran kampanye.

Dugaannya, oknum caleg membagikan listrik solar cell kepada warga pemilih di desa setempat. Terhadap temuan itu, Bawaslu Kabupaten Kupang lakukan penyelidikan lebih lanjut,Melalui Centra Gakkumdu Kabupaten Kupang.

Kemudian,pihak Centra Gakkumdu yang terdiri dari unsur Polres Kupang,Kejaksaan Negeri Oelamasi dan Bawaslu selama kurun waktu 14 hari kerja Lakukan penyelidikan lapangan,mengumpulkan bahan dan keterangan.

“Dari hasil penyelidikan ini, dugaan pelanggaran memenuhi unsur sesuai pasal yang dikenakan. Makanya centra gakkumdu menindaklanjuti dengan melimpahkan penyidikan lebih lanjut oleh penyidik di Polres Kupang,” katanya.(kenzo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *