Polres Kupang  Kerahkan Kekuatan Penuh Amankan Pemilu Di Kabupaten Kupang

Oelamasi,Obor-nusantara.com-
Berhasil Lumpuhkan pengacau keamanan tahapan Pemilu dikabupaten Kupang,500 Personil Polres Kupang siap amankan Pemilu Presiden dan Pileg 17 April 2019.

Para pengacau yang ditampilkan dalam simulasi pengamanan tahapan pemilu yang digelar anggota Polisi Polres Kupang,menggagalkan pengacau pada pelaksanaan tahapan pemilu dari tahapan kampanye, tahapan masa tenang, tahapan pemungutan suara, pengawalan kotak suara, sampai normalisasi pelaksanaan tahapan pemilu.

Disaksikan Obor-nusantara.com,Massa pendukung paslon Presiden awalnya mengikuti kampanye dari calon yang menawarkan program. Saat itu, tiba-tiba oknum pendukung paslon lain menyusup dan membuat keributan di tengah kerumunan massa.

Anggota polisi yang ada di lokasi bergerak cepat berhasil mengamankan situasi sehingga Suasana kembali tenang hingga calon selesai berkampanye.

Kekacauan terjadi lagi saat proses pencoblosan di TPS.dikala petugas TPS membacakan nama calon pemilih, tiba-tiba salah satu warga mendekati meja panitia dan membuat keributan dengan menendang kotak.

Bahkan oknum bersangkutan hendak membawa lari kotak suara, namun berhasil dilumpuhkan polisi yang berada di TPS.

Situasi tegang kembali terjadi kala pelaksanaan penghitungan suara di KPU. Merasa tidak puas dengan hasil perhitungan suara, Massa dari paslon tertentu melakukan aksi demonstrasi menuntut dilakukan pemilu ulang.

Beringas massa semakin menjadi ketika barikade polisi membuat pagar betis. Akibat Kalah jumlah aparat dari massa pendemo, bala bantuan pasukan dan mobil water canon diturunkan untuk membubarkan massa.akhirnya Suasana dapat dikendalikan karena massa berhasil dipukul mundur.

Demikian adegan simulasi pengamanan kota (Sispamkota) dalam rangka pemilu 2019 yang dilaksanakan Polres Kupang dengan sandi Operasi Mantap Brata Turangga 2019.simulasi digelar mulai dari tahapan kampanye, tahapan masa tenang, tahapan pemungutan suara, pengawalan kotak suara, pengawalan aksi demonstrasi dan normalisasi pelaksanaan tahapan pemilu.

Kapolres Kupang, AKBP Indera Gunawan, S.IK mengatakan, pelaksanaan simulasi ini dimaksudkan agar anggota mengetahui tugas pokok dan fungsinya pada tahapan pemilu.

Mereka harus diberikan bekal pengetahun sedini mungkin karena tugasnya adalah mengawal dan mengamankan pelaksanaan pemilu. Apalagi wilayah pengamanan Polres Kupang juga mencakup wilayah Kabupaten Sabu Raijua.

Dikatakannya, pada pelaksanaan pemilu, polres menyiapkan 500 personil dan ditambah anggota Satpol PP juga TNI nantinya.

“Sesuai pengalaman pilkada lalu, pengamanan kita cukup baik. Harapannya pada pemilu nanti juga tetap aman. Memang kita sudah petakan TPS rawan, juga TPS aman, namun suksesnya pemilu jadi tanggung jawab kita bersama,” kata Indera.

Turut Hadir pada simulasi ini,selain perwira juga undangan dari KPU Kabupaten Kupang, Bawaslu Kabupaten Kupang, para kapolsek juga anggota DPRD Kabupaten Kupang.(kenzo)

Terima Kasih