Terkesan Tertutup, DPRD NTT Minta BPJN X Kupang Perlu Transparan Soal Pengeloaan Dana ABPN Ke Publik

Foto: Winston N Rondo,  Anggota DPRD NTT (tengah) bersama masyarakat

Kupang, obor-nusantara.com-Pengelolaan dana Anggaran Pendapatan Dan Belanja Negara (APBN) oleh Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) X Kupang, NTT yang terkesan Sangat TERTUTUP ditahun 2019 ini Mendapat Sorotan Dari Anggota DPRD NTT Winston N Rondo.
Sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian PUPR di Daerah menurut Winston, seharusnya lebih transparan dan terbuka kepada publik sehingga dapat di ketahui sebaran kegiatan yang dilakukan oleh BPJN X Kupang di Wilayah NTT.
“UU keterbukaan informasi publik wajibkan penyelenggara pelayanan publik untuk membuka semua dokumen dan informasi ke publik, kecuali dokumen rahasia Negara dan dokumen pengelolaan APBN tidak masuk kategori dokumen rahasia Negara karena itu wajib hukumnya dibuka untuk di akses publik”. Jelas Calon Anggota DPR RI dari Partai Demokratan NTT ini pada Jumat, (15/03/2019).
Dikatakan, pengelolaan Keuangan negara terutama pada wilayah pelayanan Publik itu harus diketahui oleh Publik sehingga tidak memunculkan bebagai kecurigaan dari masyarakat kepada pengelola dalam hal ini Balai Jalan.
“justru kalau dokumen dana APBN-nya ditutup patut diduga ada sesuatu yang disembunyikan”. Jelas Anggota DPRD Aktif ini.
Dia juga menyarankan kepada semua penyelenggara layanan publik termasuk Balai Jalan untuk wajib hukumnya membuka dokumen APBN yang dikelola ke publik.
Sebelumnya ada keluhan (pengakuan) dari sejumlah Kontraktor di NTT yang tidak mengetahui jika BPJN X Kupang telah melelang kegiatan APBN Tahun 2019 bahkan sudah ada Pekerjaan yang terkontrak.
Dari informasi yang dihimpun media ini menyebutkan, ada sejumlah Paket pekerjaan tahun 2019 yang masih dalam proses tender/lelang, sedangkan lainnya sudah dilakukan penandatanganan kontrak.
Sementara Kepala Balai Jalan Nasional X Kupang M. Napitupulu hingga berita ini diturunkan belum berhasil dikonfirmasi media. (wr/nora).

Terima Kasih