125 Mahasiswa Poltekes Negeri Kupang Ikut Praktek Kerja Lapangan Di Desa Kuanheun

Kupang, obor-nusantara.com-Sebanyak 125 orang Mahasiswa dan mahasiswi dari Politeknik Kesehatan (Poltekes) Kementerian Kesehatan Negeri Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengikuti Praktek Kerja Lapangan di Desa Kuanheun, Kecamatan Kupang Barat Kabupaten Kupang.
Selama mengikuti Praktek Kerja Lapangan seluruh peserta akan melakukan sejumlah kegiatan sosial kemasyarakatan khususnya dibidang Kesehatan masyarakat untuk selanjutnya dijadikan sebagai acuan penanganan kesehatan masyarakat yang diberikan sebagai rekomendasi ke Desa.
Ketua panitia pelaksana kegiatan PKL dari Direktorat Poltekes Negeri Kupang Rohana Moksen saat ditemui di desa Kuanheun pada senin, 18/03/2019 mengatakan, selama mengikuti PKL seluruh peserta akan melakukan pendataan persoalan kesehatan di desa ini.


“selama mereka berada di Desa para Peserta diwajibkan melakukan kegiatan pendataan masalah kesehatan dan bersama masyarakat bisa memecahkan persoalan kesehatan yang ditemukan dilapangan”. Ungkapnya.
Dikatakan, 125 orang calon tenaga Kesehatan ini akan dibagi dalam beberapa kelompok dan disebarkan ke 5 dusun di Desa Kuanheun dengan tugas dan tangunggjawab yang berda-beda.
“mereka disini selama 3 minggu dan semunya akan membuat laporan dimana akan diserahkan ke Puskesmas dan Desa untuk dijadikan acuan dalam penanganan masalah kesehatan di desa ini nanti.” katanya.
Dia juga berharap, melalui kegiatan PKL Poltekes di Desa Kuanheun ini memberikan dampak posetif bagi seluruh masyarakat dalam menjaga dan melindungi diri dari bahaya kesehatan yang timbul akibat kelalIan atau pola hidup sehari-sehari.
Karena sejumlah persoalan kesehatan yang telah terjadi di Desa Kuanheun adalah malaria, Ispa dan lainnya.
Untuk itu diperlukan penerapa pola hidup yang sehat dari masyarakat, sehinga dapat terhindar sari berbagai penyakit.(wr/nora).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *