Seminar Bersama Anggota Koperasi Timau, Sisilia Sona Ingatkan Koperasi Jangan Pinjam Modal Luar

Kupang, Obor-nusantara.com-Seminar sehari bagi anggota dan pengurus Koperasi yang digelar oleh manajemen Koperasi Timau,Kamis,21/3/2019 Hadirkan Narasumber Sisilia Sona,RD.Maxi Un Bria, MA Dan Prof. DR.Vincent Gaspersz, CFPIM.

Sisilia Sona sebagai Kepala Dinas Koperasi,Tenaga kerja dan Transmigrasi NTT, saat membawakan materi soal kebijakan Pemerintah terhadap pertumbuhan Koperasi di NTT menyampaikan bahwa Pertumbuhan Koperasi di Flobamora harus swadaya dan mandiri.Koperasi juga diingatkan jangan tergantung pada modal pihak luar.

“Semua koperasi yang dibangun atas dasar swadaya dari anggota akan kuat dan mandiri. Namun apabila ada Koperasi yang modalnya dipinjam dari luar maka agak sulit untuk bertahan.Ketergantungan modal Koperasi pada pihak luar yang  tinggi menyebabkan Koperasi tersebut tidak sehat lagi. Di wilayah NTT Ada 511 koperasi yang tergantung pada modal luar. Kemacetan mereka sudah mencapai 20 persen lebih.koperasi sudah tidak sehat”sebutnya.

Dihadapan Anggota dan pengurus Koperasi Timau,Ia juga menyatakan bahwa Pemerintah sangat mendukung pertumbuhan koperasi dengan memberikan iklim yang kondusif baik pertumbuhan koperasi,Pendampingan, pembinaan dan juga pengawasan.

Ia pun mengingatkan kepada pengurus Koperasi Timau untuk mengelola secara baik, akuntabel dan transparan sehingga Koperasi dapat terus bertumbuh untuk kesejahteraan anggota.koperasi juga hendaknya Bermitra sinergis antar Koperasi serta Pemerintah sehingga mampu mewujudkan NTT bangkit dan sejahtera.

“Saya punya keyakinan Koperasi kredit akan terus bertumbuh.dan 5 tahun kedepan anggota koperasi akan bertambah dari saat ini,yang mencapai 1,7 Juta warga yang sudah tergabung dalam koperasi yang ada di NTT”katanya.

Selain itu, koperasi juga dihimbau untuk terus lakukan Pendekatan inklusif, berbasis sumber daya lokal sehingga mampu mewujudkan NTT bangkit dan sejahtera.kehadiran Koperasi yang bertumbuh baik dianggap mampu menekan Angka kemiskinan yang ada di masyarakat.

Harapan pemerintah, koperasi dapat terus mengajak calon anggota untuk bergabung dalam koperasi.baik melalui media,Tokoh agama maupun melalui stakeholder yang ada.

Sementara Drs.RD.Maxi Un Bria, MA Membawakan materi tentang etos kerja dipandang dari aspek kitab suci,dan Prof. DR. vincent Gaspersz,CFPIM memaparkan tentang membangun kemandirian Kopdit yang berdaya saing.(kenzo)

Terima Kasih Tetap bersama kami di Media Obor Nusantara