Atasi Masalah Air Bersih, BWS NT 2 Bangun Sumur Bor Disejumlah Daerah di NTT

Kupang, obor-nusantara.com-Pembangunan Sumur bor disejumlah daerah ini sebagai upaya dari Pemerintah Pusat Melalui Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara (BWS-NTT) 2 untuk mengatasi masalah krisis air besih yang selalu menjadi keluhan warga disetiap musim kemarau.
“kita setiap tahun ada alokasi dana untuk pekerjaan pembangunan sumbur bor dengan prioritas pada hasil usulan/permintaan langsung dari warga kepada Balai melalui surat”. Jelas Kepala Satuan Kerja (Kasatker SNVT) Air Baku dan Air Tanah Balai Wilayah Sungai NT-2 Pahlawan Perang, usai mengikuti penandatangan Kontrak Pekekerjaan sejumlah proyek paket pekerjaan konstruksi dan supervisi Satker SNVT Air Baku dan Air Tanah tahun 2019 di Kupang Rabu, 26/03/2019.
Dikatakan, untuk tahun anggaran 2019 ini Satker Air Tanah dan Air Baku mendapat alokasi dana Rp 57 milyar untuk. Pekerjaan penyediaan air baku sebanyak 18 Paket pekerjaan sumur bor dan supervisi (pengawasan).
“tahun 2019 ini kita dapat 18 paket dan kita baru kontrak 5 paket masing-masing 3 paket peningkatan sarana dan prasarana air tanah dan 2 paket supervisi/pengawasan”. Katanya.


Dijelaskan, proyek peningkatan saran air tanah untuk air baku terdapat dua lokasi di Kabupaten Alor dan tiga lokasi air tanah untuk air baku di Pulau Timor.
“untuk air baku kita tahun ini ada bangun di alor, Timor dan flores timur, Ende dan Kabupaten Sikka”. Jelas Pahlawan Perang yang di dampingi oleh Dua orang PPK Wilayah Timor, Rote Alor Sony dan PPK Flores Yunus Djobo.
Menurutnya, dari 18 paket pekerjaan dengan total dana Rp 57 milyar ini baru 5 paket yang bisa dikontrak karena sumber dananya berasal dari dana APBN murni.


“hanya 5 paket saja yang sumber dananya dari APBN murni, sementara 13 lainnya dari dana SBSN (Surat Berharga Syaria Negara) yang masih ada tanda bintang (*). Papar Waan Sapaan Akrab dari mantan PPK penganan Pantai Oesapa ini.
Dia juga berharap, ke 13 paket pekejaan air tanah untuk air baku yang masih mrendapat tanda bintang dari Dirjen Anggaran ini segera berakhir sehingga bisa terkontrak dan pekerjaan dapat selesai sesuai dengan jadwal masa akhir anggaran nanti. (wr/nora).

2 tanggapan untuk “Atasi Masalah Air Bersih, BWS NT 2 Bangun Sumur Bor Disejumlah Daerah di NTT

  • November 30, 2019 pada 3:36 am
    Permalink

    Salam sejaterah kami ucapkan dari Perbatasan RI/RDTL Dusun Dilagusun RT 06 dengan jumlah 35 KK dan RT 07 dengan jumlah 31KK.Desa Lamaksenulu kecamatan Lamaknen Kab.Belu prop NTT.Dengan sudah membacanya Berita tentang air bersih,maka kami dari daerah perbatasan yang sangat membutuhkan air bersih,Maka kami mohon uluran tangan dari Bapak kepalah Balai Besar Wilayah Sungai NT2 untuk membantu dalam pengeboran Sumur untuk di salurkan ke rumah rumah yang ada di 2 RTtersebut.

    Balas
    • Januari 26, 2020 pada 10:25 am
      Permalink

      Bisa dibuatkan proposal. Saja pa ke ka balai sungai

      Balas

Terima Kasih Tetap bersama kami di Media Obor Nusantara