Belum Dibahas, Tiga Desa di Kupang Timur Tidak Ada APBDes Tahun 2019

Oelamasi, Obor-nusantara.com-
Sebanyak tiga desa dari total 8 desa di kecamatan Kupang Timur Kabupaten Kupang Propinsi NTT, yakni Desa Oefafi,  Tanah Putih, dan Tuapukan sampai  dengan bulan Juni 2019 belum membahas RAPBDes 2019.

Khusus untuk Desa Tanah Putih dan Tuapukan terkendala karena masa tugas kepala desa telah berakhir. Sementara Desa Oefafi, diduga tidak ada niat untuk mengurus karena sudah diberikan peringatan berulang-ulang.

Pelaksana Tugas (Plt) Camat Kupang Timur, Selvie I Dami, S.H,M.Hum didampingi Penjabat Kades Tanah Putih, Abraham Kehi menyampaikan ini kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (21/6/2019).

Menurut Selvie, terkait dengan APBDes 2019, para kades dan camat pekan lalu mengikuti rapat koordinasi (rakor) bersama Bupati dan Wakil Bupati Kupang.

Dalam arahan pimpinan bahwa semua desa diwajibkan pekan depan APBDes sudah harus dibereskan. Khusus di Kecamatan Kupang Timur, kata Selvie, dari 8 desa yang ada tinggal 3 desa yang belum menyelesaikan APBDes 2019.

“Saya sudah perintahkan agar penjabat di dua desa yakni Tanah Putih dan Tuapukan supaya segera selesaikan. Memang kendala terlambat karena peralihan jabatan karena kades lama sudah selesai masa tugas. Khusus Oefafi memang kami sudah surati ulang-ulang bahkan Satpol PP turun tapi sama saja,” katanya.

Walaupun begitu, lanjut Selvie, dirinya tetap mendesak agar ketiga desa ini paling lambat pekan ini sudah menyelesaikan RAPBDes sehingga tidak berimbas pada mandeknya pelayanan pembangunan.

“Pak bupati sudah perintahkan paling lambat tanggal 24 Juni desa yang belum masukan APBDes 2019 segera dimasukan. Saya akan komunikasi dengan ketiga kepala desa ini,” tegas Selvie.

Plt Kades Tanah Putih, Abraham mengatakan, dirinya baru dilantik menjadi penjabat di desa ini pekan lalu. Menindaklanjuti permintaan camat maka dirinya sudah mengambil langkah cepat dan kini tengah dilakukan asistensi di Dinas PMD Kabupaten Kupang dan diyakini pekan depan APBDes-nya sudah bisa dimasukan.(kenzo)

Terima Kasih Tetap bersama kami di Media Obor Nusantara