Bantu Petani,  Distan Kabupaten Kupang Siapkan 25 Ton Benih Padi dan 24 ton Benih Jagung

Oelamasi,Obor-nusantara.com-
Salah satu program Dinas Pertanian Kabupaten Kupang,yang bersentuhan langsung dengan visi misi Bupati Korinus Masneno dan Wakil Bupati Jerry Manafe,Tahun ini Bidang tanaman Pangan Dinas Pertanian menyiapkan 25 ton Benih padi dan 24 ton benih jagung.

Kepala bidang tanaman pangan Dinas Pertanian Kabupaten Kupang,Amin Juariah mengatakan program kerja bidang tanaman pangan tahun 2019 yakni menyediakan pengadaan 25 ton benih padi dan 24 ton benih jagung.

Pernyataan ini disampaikan Amin saat diwawancarai Obor-nusantara.com terkait program kerja yang dilakukan bidang tanaman pangan dinas pertanian, diruang kerjanya, Senin, 24/6/2019.

Benih padi dan jagung yang disiapkan Dinas pertanian,katanya akan dibagikan kepada petani di 177 Desa kelurahan yang ada di 24 Kecamatan wilayah Kabupaten Kupang.

Dengan Mekanisme penyaluran benih,menurut Amin akan disalurkan melalui kelompok tani yang tersebar di semua wilayah.Kelompok tani penerima benih sudah seharusnya terdaftar di Dinas pertanian.

Pengadaan benih tanaman pangan,Padi dan jagung merupakan pangan unggulan didaerah ini, dianggarkan oleh APBD tahun 2019 dengan total pagu berkisar Rp.800 Juta.

Sedangkan kegiatan lain yang dikerjakan oleh Bidang tanaman Pangan Dinas pertanian, yakni pembangunan 2 Unit Balai Penyuluhan Pertanian.diantaranya di kecamatan Amarasi Barat dan kecamatan Nekafmese.

Sumber Dana untuk pembangunan 2 unit BPP dari Alokasi DAK 2019.untuk gedung BPP di Amarasi Barat pagu anggran proyek sebesar  Rp. 712.500.000.sedangkan di Kecamatan Nekafmese pagu anggarannya sebesar Rp. 548.020.158 yang dikerjakan oleh CV. Coral.saat ini proses pembangunan sudah pada tahap tanda tangan kontrak dengan pihak kontraktor pemenang lelang yang sudah diumumkan oleh LPSE Kabupaten Kupang.

Untuk diketahui, Gedung Balai yang dikerjakan di 2 kecamatan tersebut berfungsi sebagai tempat pelatihan petani oleh tenaga penyuluh Pertanian kecamatan.balai juga digunakan untuk menyimpan benih yang akan didistribusikan kepada petani. (kenzo)

Terima Kasih Tetap bersama kami di Media Obor Nusantara