Data Bank Indonesia, Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Kupang Cukup Baik Setelah Kota Kupang dan TTS

Oelamasi,Obor-nusantara.com-
Data Bank Indonesia wilayah NTT, menunjukan bahwa Pertumbuhan ekonomi Daerah di Kabupaten Kupang Cukup Baik pada tingkat Propinsi NTT, setelah Kota Kupang dan kabupaten Timor Tengah Selatan.

Hal ini dikatakan Kepala Deputi Bank Indonesia perwakilan NTT,Muhamad Syahrial kepada media ini pasca memberikan materi soal pertumbuhan ekonomi Daerah dan laju inflasi daerah diruang Rapat Bupati Kupang, Selasa,25 Juni 2019.

Syahrial menyebut berdasarkan kajian oleh pihak Bank Indonesia perwakilan NTT,pertumbuhan ekonomi masyarakat di Kabupaten Kupang cukup baik.Kabupaten Kupang menyumbang sekitar 7 dari persen dari PDRB Propinsi NTT.

“Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Kupang cukup baik,mampu menyumbang sekitar 7 persen PDRB Propinsi. tentu yang terbesar Kota Kupang,yang kedua Kabupaten TTS,dan yang ketiga kabupaten Kupang “Katanya.

Sementara inflasi Kabupaten Kupang belum bisa diukur,karena TPID kabupaten Kupang tidak pernah menghitung laju inflasi daerah secara bulanan.

“Kami harapkan kedepan TPID Kabupaten Kupang dapat bekerja sama dengan badan Pusat Statistik sehingga dapat mengukur laju inflasi setiap bulan. Sebagaimana yang sudah dibuat oleh Kabupaten lain, Seperti Kabupaten Rote Ndao, Malaka, Manggarai Timur dan lainnya”ujar Syahrial.

Sehingga pemerintah propinsi dapat menetapkan kabupaten Kupang sebagai salah satu kota yang dihitung laju inflasi yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi daerah Propinsi NTT.

Untuk potensi unggulan kabupaten Kupang yang mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi,dirinya menyebutkan ada 5 potensi unggulan sesuai penelitian Komoditas Prodak dan Jasa Usaha Unggulan (KPJU) tahun 2013.

Diantaranya Peternakan,Rumput laut, Garam dan Bawang.namun potensi unggulan itu,dikatakannya harus direvisi atau update, karena selama lima tahun kondisi ekonomi terus berubah.(kenzo)

Terima Kasih Tetap bersama kami di Media Obor Nusantara