Pemkab Kupang Aktifkan Tim Pengendali Inflasi Setelah Vakum Selama 2 Tahun

Oelamasi, obor-nusantara.com-Tim Pengendali Inflasi Daerah Kabupaten Kupang mulai diaktifkan kembali Setelah dua tahun sejak tahun 2017 dan 2018 vakum tanpa aktivitas,Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Kupang mulai diaktifkan lagi tahun ini dengan berbagai konsolidasi lintas OPD.

Selasa, 25 Juni 2019,diruang Rapat Bupati Kupang,Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe memimpin langsung rapat dengan pimpinan OPD terkait,yang masuk dalam Tim pengendalian inflasi bersama dengan TPID Propinsi NTT dengan Narasumber dari Bank Indonesia.

Deputi Kepala Bank Indonesia perwakilan NTT, Muhamad Syahrial  kepada Obor-nusantara.com mengatakan High Level Meeting hari ini terkait perkembangan Ekonomi dan laju inflasi daerah dikabupaten Kupang.

Rapat kali ini Selanjutnya akan ditindaklanjuti dengan rapat Teknis lintas OPD dalam rangka menjaga laju inflasi pada level yang standar dan tetap stabil serta meningkatkan perkembangan ekonomi dikabupaten Kupang.

Lebih khususnya ungkap Syahrial terkait kerja sama dengan kota Kupang yang merupakan kota terbesar dan kota yang diukur laju inflasi daerah.Sementara kabupaten Kupang adalah kota penyangga kota Kupang,pemasok berbagai komoditas.

“Tahun ini kami TPID Propinsi beberapa waktu lalu sudah lakukan rapat kerja sama antar daerah,di Kabupaten manggarai yang mencakup kabupaten manggarai Barat, Manggarai dan Managgarai Timur”ujarnya.

“Harapan kami, kabupaten Kupang juga melakukan hal yang sama seperti manggarai dan kota Kupang.sehingga pertumbuhan ekonomi Kabupaten Kupang tidak beda jauh dengan kota Kupang.karena kota Kupang tidak berjalan sendiri, ketergantungan kepada kabupaten Kupang sangat besar yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi”tambahnya.

Menurutnya kab.kupang sendiri belum pernah dihitung laju inflasi daerah dengan sampel beberapa pasar yang ada di wilayah ini.

Sementara beberapa Kabupaten seperti Rote Ndao,Malaka, Manggarai timur dan beberapa Kabupaten lain sudah mampu mengukur laju inflasi mereka setiap bulan.pertemuan kali ini diharapkan TPID Kabupaten Kupang bekerja sama dengan BPS Untuk menghitung sendiri laju inflasi didaerah ini Sehingga propinsi bisa melihat menjadi kota yang dihitung inflasi oleh TPID Propinsi.

Wakil Bupati Kupang mengatakan kabupaten Kupang sudah ada kepengurusan TPID tapi belum jalan. Namun dirinya memberikan apresiasi atas respon yang bagus dari OPD terkait yang hadir dalam Rapat tersebut.

Mengingat kabupaten Kupang merupakan kabupaten Penyangga inflasi untuk kota Kupang dan Propinsi.Perekonomian kota terbangun karena kabupaten Kupang.

Oleh karena itu Wabup menyebut banyal hal yang harus kita ramu untuk capai satu titik Kabupaten Kupang mencapi inflasi yang baik.Pertumbuhan ekonomi juga paling tidak setara dengan kota Kupang.(kenzo)

Terima Kasih Tetap bersama kami di Media Obor Nusantara