Gedung Sekolah Masa Kecil Sekda Kupang Rapuh dan Berlubang, Warga Minta Perhatian Pemerintah

Oelpuah,Obor-nusantara.com-
Miris memang,melihat kondisi gedung Sekolah Dasar Gmit Oelpuah satu Atap dengan SMPN 3 Kupang Tengah.Gedung sekolah terlihat rapuh dan berlubang. sampai-sampai temboknya sudah retak semua, bahkan lantai yang terbuat dari keraminpun sudah mulai pecah dan berserakan tak tertata.

Plafon di setiap ruangan belajar siswa bahkan bergantungan pertanda tak layak lagi dipakai.Ternyata disekolah tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Kupang, Obet Laha pernah mengenyam pendidikan Dasar dimasa kecil.

Disaksikan media ini, Sabtu siang ( 6/7/2019 ), gedung sekolah ini nampak memprihatinkan  dengan kondisi penuh retakan pada dinding hingga terlihat berlubang dengan diameter 2 – 3 centimeter.

Ironisnya, beberapa bagian di antara  dinding dan atap nampak terpisah akibat retakan – retakan tersebut

Tidak hanya itu,  seng – seng penutup bagian atas gedung itu nampak  berkarat termasuk sejumlah tehel pada  lantai di beberapa ruang kelas yang  terkelupas dan dibiarkan berserakan.

Pastinya, kondisi gedung sekolah seperti ini tidak memberikan kenyamanan kepada para murid sehingga mereka lebih memilih bermain di halaman sekolah saat jam pelajaran karena takut gedung itu rubuh.

Ungkapan tersebut dilontarkan Selvi Matelda Saubaki, Ibu Rumah Tangga, warga Desa Oelpuah, yang rumahnya persis di depan lokasi sekolah.Kepada media ini,Ia membenarkan kecemasan para murid akibat kondisi retakan pada dinding sekolah itu.

Menurut dia, sejumlah pejabat daerah termasuk  Sekretaris Daerah Kabupaten Kupang, Obet Laha berasal dari sekolah ini.Setidaknya ujar Selvi mereka harus menaruh peduli dan mengusulkan rehabilitasi gedung SATAP SD GMIT dan SMP Negeri 3 Oelpuah ini.

Hal yang sama Senada disampaikan tokoh masyarakat yang juga adalah mantan Kepala Desa Oelpuah periode lalu, Decky Tapen mengaku kecewa pasalnya, sudah beberapa kali pihaknya mengusulkan rehabilitasi namun hingga saat ini belum juga terjawab.

Pihaknya berharap, pemerintah Kabupaten Kupang di bawah kepemimpinan Bupati Korinus Masneno bisa memberi perhatian serius bagi perbaikan gedung sekolah ini.

Akibat retakan antar dinding dan atap yang nampak sudah patah dan  terpisah, bisa dipastikan, gedung sekolah ini bakal rubuh dan membahayakan keselamatan para guru dan ratusan murid di sekolah itu.Sejumlah fasilitas lain seperti WC nampak rusak dan tidak terpakai.

Saat berita ini diturunkan Pemerintah Kabupaten Kupang melalui dinas terkait belum berhasil diwawancarai media ini.(kenzo)

Terima Kasih Tetap bersama kami di Media Obor Nusantara