Wagub Bali Sebut TMMD Sebagai Titik Bangkit Dan Motivasi Memberdayakan Masyarakat

Semarapura-Bali, obor-nusantara.com-Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Tjok Ace) mengatakan,  Kegiatan Tentara Nasional Indonesia Manunggal Membangun Desa (TMMD) sebagai titiak awal Membangkitan motivasi bagi masyarakat dalam memajukan Pembangunan di Desa. 

Hal tersebut dikemukakan Wagub Bali saat menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada Upacara Pembukaan Tentara Nasional Indonesia Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke 105 Kodim 1610/Klungkung pada  Rabu (10/07) yang bertempat di lapangan Pau, Desa Nyanggelan, Kecamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung.

Upacara pembukaan tersebut dihadiri oleh Pejabat Kodam IX/Udayana, Pejabat Korem 163/Wira Satya, Pejabat Pemerintah Provinsi Bali, Pejabat Pemerintah Kabupaten Klungkung, Polres Klungkung, Forkominda, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, mahasiswa dan pelajar dari Kecamatan Banjarangkan.

TMMD Reguler Ke 105 Kodim 1610/Klungkung dilaksanakan di Desa Nyanggelan, Kecamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung berlangsung selama 30 hari dari tanggal 10 Juli 2019 sampai dengan tanggal 8 Agustus 2019 dengan beberapa kegiatan fisik dan non fisik.

Pengerjaan sasaran fisik meliputi pembuatan jalan selanjang 2,2 Kilometer, pembuatan talud, bedah rumah dan pembuatan jamban serta kegiatan non fisik antara lain kesadaran bela negara, penyuluhan kesehatan, wawasan kebangsaan, narkotika dan juga kenakalan remaja. Ada juga lomba-lomba seperti lomba mimbar merah putih, lomba yel-yel kebangsaan, lomba fotografi dan juga pertandingan olahraga bola voli.

Wakil Gubernur Bali selaku Irup menyampaikan TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD dilaksanakan dalam upaya peberdayaan masyarakat, sekaligus membangun keswadayaan masyarakat dalam pembangunan.

Keterlibatan TNI dalam pembangunan desa pada hakikatnya merupakan bentuk nyata bahwa kemanungalan TNI dengan masyarakat akan mempercepat pembangunan di desa.

“Melalui kegiatan TMMD Ke 105 ini, saya menaruh harapan besar agar kegiatan ini sebagai titik bangkit dalam memicu dan memotivasi usaha kita memberdayakan masyarakat sebagai subyek pembangunan dengan semangat dan jiwa baru yang berintegritas, beretos kerja dan gotong-royong”, ungkap Wagub.

Bersama komponen TNI untuk bersinergi mensukseskan pembangunan daerah Bali dengan mewujudkan Visi *”Nangun Sad Kerthi Loka Bali”* yang bermakna menjaga kesucian dan keharmonisan alam Bali beserta isinya.

Pantauan di lokasi upacara pembukaan juga diramaikan dengan adanya kegiatan pengobatan gratis, pelayanan KB, stand usaha mikro kecil dan menengah atau UMKM dan beberapa lainnya.

Setelah seluruh rangkaian upacara pembukaan selesai, Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati didampingi Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta beserta rombongan melakukan peninjauan ke sasaran fisik pembangunan jalan sepanjang 2,2 Kilometer dengan lebar 5 Meter.(wr/penremdps).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *