Anak Terminal Jadi Imam, Pater Agus Jon Oliviera Membuat Bangga Wabup Kupang

Oelamasi,Obor-nusantara.com-
Anak ke 4 dari 7 bersaudara,Pater Agus Jon Oliviera,OCD yang dibesarkan di terminal Noelbaki membuat bangga Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe,saat mengikuti misa perdana yang berlangsung di terminal Noelbaki, Minggu 21/7/2019.

“Pater Agus bukan hanya membanggakan keluarga, tapi membuat bangga masyarakat dan pemerintah kabupaten Kupang.Putra Kabupaten Kupang yang bersedia untuk setia melayani Tuhan.Karena dalam usia yang masih muda,dengan kondisi yang penuh dengan keterbatasan,sudah bersedia dithabiskan untuk melayani Tuhan. Ini sangat luar biasa kasih Tuhan yang dianugerahkan kepadanya dan kita semua”Ucap Jerry Manafe saat menyampaikan sambutan.

Anak dari pasangan Amandio Oliviera dan Alsina Da Silva Warga Noelbaki Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang,dithabiskan menjadi pastor oleh uskup agung kupang,Kamis tanggal 17/7/2019.

Yubilaris Agus Jon Oliviera,OCD lahir di laklubar Lospalos Timor leste.Walaupun dalam situasi yang penuh dengan kekurangan,Hidup di Pemukiman warga Ex Tim-tim di terminal Noelbaki,dirinya mampu menyelesaikan study selama 12 tahun menjadi imam umat khatolik di Biara OCD untuk setia melayani Tuhan.

Dalam Kotbahnya saat memimpin Misa Perdana dihadapan ribuan umat dan Wakil Bupati Kupang,Pater Agus Oliviera, OCD mengatakan jika kita mengkhianati panggilan tuhan maka kita telah menolak panggilan tuhan,Yang mana telah ditunjukan Abraham dan paulus dijaman Yesus.

Injil hari ini mengajarkan kepada umat kristiani,bagaimana maria dan marta dalam menerima kristus.marta sibuk dengan hal lain layaknya menyambut tamu dengan sangat baik.Sementara maria lebih memilih duduk didekat Yesus dan mendengar semua yang dikatakan Yesus.

Pater Agus mengilustrasikan sikap marta dan maria,yang menggambarkan perbedaan mendasar diantara keduanya.Maria menerima yesus secara utuh,Duduk didekat Yesus layaknya anak dengan bapak yang siap mendengar kapan bapaknya berbicara.

Karena hanya dekat dengan yesus ia memperoleh Pengharapan,iman,kasih,Damai dan sukacita. Hanya Yesus yang mampu mendengar dan merasakan secara baik.Pengorbanan apapun tanpa berpedoman dari kristus akan tidak berarti apa-apa. Ini sama dengan kehidupan manusia jaman ini.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Kupang bahkan mengisahkan beratnya hidup saat dirinya mengemban tugas sebagai seorang Ketua Majelis dimasa muda.Ia harus menahan diri dengan gaya hidup layaknya yang dilakukan anak muda lainnya.Namun menurutnya lebih berat lagi Bagaimana seorang Olivera yang mengambil keputusan untuk mengikut Yesus dan melayani Tuhan.

“Telah lahir seorang penuntun jalan yang benar untuk kita semua.Melalui Pater Agus Iman Umat akan terus dibangun”Ujarnya.

Selain itu, Manafe juga membacakan sebuah artikel tentang seorang Petani di Osaka Jepang yang selalu mengungguli hasil panen setiap tahun diwilayahnya. Artikel ini dikatakan Wabup memberi pesan moral soal kesuksesan dalam kehidupan.

“Artikel tadi mau mengajarkan kepada kita,bahwa jika kita ingin menikmati kebaikan,kita harus memulai dengan menabur kebaikan kepada orang-orang di sekitar kita.Jika kita ingin bahagia maka kita harus menabur kebahagiaan untuk orang lain.Jika kita ingin hidup dengan kemakmuran maka kita harus berupaya pula untuk meningkatkan taraf hidup orang-orang di sekitar kita,dan sebaliknya Jika kita menanam keburukan dan kejelekan kepada orang-orang di sekitar kita maka percayalah, kejelekan itu Niscaya akan menyelimuti hidup kita”Tutup Wabup.(kenzo)

Terima Kasih Tetap bersama kami di Media Obor Nusantara