Ada  Kerugian Negara, Jaksa Kejari Oelamasi Tetapkan 4 Tersangka Proyek Pasar Lili

Oelamasi,Obor-nusantara.com-
Jaksa Kejaksaan Negeri Kabupaten Kupang akhirnya resmi menetapkan empat orang tersangka dalam kasus dugaan  Korupsi proyek pembangunan pasar Lili Tahun Anggaran 2018 di Kelurahan Camplong II, Kecamatan Fatuleu, Kabupaten Kupang – NTT.

Demikian dikatakan Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Kupang, Ali Sunhaji, SH, MH melalui Kasi Pidana Khusus, Noven V. Bullan, SH, M.Hum, Rabu (14/08/2019) di ruang kerjanya.

Noven menjelaskan bahwa pasca dilakukan expose kasus oleh tim penyidik, bersama Kejari Kabupaten Kupang, Senin 13 Agustus 2019, akhirnya diputuskan penetapan tersangka bagi pihak – pihak yang kuat dugaan terlibat dalam kasus korupsi proyek pembangunan pasar lili.

“Hari ini (Senin, 13 Agustus 2019 – red), tim sepakat dalam penyidikan perkara pembangunan pasar lili tahun 2018, tim penyidik telah menetapkan tersangka dalam perkara tersebut, ada empat orang,”Ungkap Noven Bullan.

Empat orang katanya, yang secara resmi sudah ditetapkan sebagai tersangka terhitung tanggal 14 Agustus 2019 yaitu TA (Mantan Kadis Perindag), EN (Pejabat Pembuat Komitmen), JO (Kontraktor Pelaksana)  dan BS (Konsultan Pengawas).

Dasar Penetapan tersangka bagi empat orang itu lantaran,penyidik telah memiliki dua alat bukti dan saksi yang diperoleh jaksa pada tahap penyidikan perkara.

Sesuai hasil audit pekerjaan fisik yang dilakukan oleh Politeknik Negeri Kupang serta hasil audit dari akuntan publik di Malang Jawa Timur, nilai kerugian Negara pun telah dikantongi dengan jumlah yang fantastis.

“Penyidik sudah kantongi hasil audit dan nilai kerugian negara yang ditimbulkan dalam perkara ini, terkait jumlah kerugian negara akan disampaikan kemudian,”Katanya.

Dikutip dari Independen-news.com, tiga orang tersangka yaitu TA, EN dan JO sementara menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUD Naibonat, sementara BS masih berada di luar daerah dan dijadwalkan akan menghadap besok (Kamis 15 Agustus 2019).

Pasca ditetapkan sebagai tersangka, penyidik akan segera menerbitkan surat perintah penahanan,bagi empat orang tersebut untuk 20 hari kedepan. Pasca pemeriksaan kesehatan 3 orang tersangka, penyidik langsung melakukan penahanan di Rutan Klas IIA Kupang. (kenzo)

Terima Kasih Tetap bersama kami di Media Obor Nusantara