Bekali Penggunaan Bahasa Dalam Menulis, Kantor Bahasa NTT Latih Puluhan Jurnalis

Kupang,Obor-nusantara.com-
Sekitar 50 Wartawan media daring (Dalam Jaringan) di Nusa Tenggara Timur (NTT), khususnya wartawan yang bertugas di wilayah Kabupaten Kupang dan Kota Kupang,mengikuti pelatihan penggunaan tata bahasa baku dalam penulisan berita.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Kantor Bahasa Propinsi Nusa Tenggara Timur,berlangsung selama empat hari sejak tanggal 12 hingga tanggal 15 Agustus 2019 di Hotel Amaris Kota Kupang.

Sebagai bekal bagi para insan pers dalam hal pemilihan dan penempatan kata pada sajian berita,Kantor bahasa menghadirkan narasumber yang kredibel dibidang tata bahasa dari kementerian Pendidikan Republik Indonesia.

Sebagaimana yang disampaikan Narasumber Salimulloh Tegar dan Arie Andrasyah pada Rabu, (14/8/2019).Kedua narasumber tersebut memaparkan materi terkait paragraf serta bentuk pilihan kata dalam penulisan berita pada media massa.

Dijelaskan Sallimuloh,ada lima model paragraf,diantaranya deskripsi, eksposisi, narasi, argumentasi dan persuasi.Sedangkan Anrasyah lebih menekankan tentang penulisan serta pemilihan kata yang baik dan benar sesuai bahasa indonesia.

Peserta penyuluhan daring dari majalah suara harapan,Yupiter Loinati menilai penyuluhan ini sangat baik bagi dirinya dan rekan wartawan lainnya.Ia beranggapan bahwa para pewarta berita seharusnya menyampaikan berita dengan kaidah penulisan tata bahasa indonesia yang benar.

Karena menurut Loinati,pesan yang disampaikan dalam pemberitaan media,harus bisa dipahami pembaca.Sehingga tidak membuat pembaca ambigu dengan pilihan kata yang salah serta tulisan yang menimbulkan multi tafsir dari berita yang disajikan media.

Oleh karena itu,dirinya memberikan apresiasi kepada kantor bahasa NTT, yang berupaya mengadakan kegiatan yang sangat bagus,bagi insan pers didaerah ini,dengan harapan terus berlanjut dimasa yang akan datang. (Kenzo#kantorbahasantt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *