Upacara HUT RI ke 74, Bupati Kupang Bicara Soal Revolusi 5 P Untuk kemajuan Daerah

Oelamasi,Obor-nusantara.com-
Upacara memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang ke 74 di Kabupaten Kupang,berjalan lancar dan penuh dengan kemeriahan.

Bupati Kupang selaku Inspektur Upacara di Halaman Kantor Bupati Kupang,Sabtu,17/8/2019,dalam sambutannya lebih menitik beratkan soal Program kerja Bupati dan Wakil Bupati tahun 2019 -2024.

Langkah yang disiapkan saat ini yakni menyiapkan prioritas-prioritas pembangunan yang merupakan bagian penting dari RPJMD dan menjadi rujukan pembangunan daerah.

Bupati Kupang Korinus Masneno mengatakan,seluruh pelaksaan pembangunan Daerah 5 Tahun kedepan difokuskan pada lima fokus utama.

Fokus yang pertama terkait Internalisasi fungsional pemanfaatan potensi unggulan daerah.Dengan Target utama adalah terdatanya seluruh data potensi daerah berbasis GIS yang dapat di akses secara elektronik. Data itu selanjutnya menjadi rujukan penentuan target pembangunan yang terarah, fokus dan akuntabel.sehingga Out put kegiatan OPD akan langsung terevaluasi oleh masyarakat.

 

Peningkatan kualitas SDM menuju kupang maju menjadi Fokus yang kedua.Terutama tentang kemajuan kualitas SDM melalui infrastruktur dasar yang berkualitas yang sejalan dengan skema pembangunan inklusif, perspektif gender dan pengentasan kemiskinan. IPM Kabupaten Kupang perlu ditingkatkan,dengan variabel pendidikan dan kesehatan berjalan optimal.

Percepatan pertumbuhan ekonomi berbasis ekonomi kerakyatan menuju kabupaten kupang yang mandiri menjadi fokus program yang ketiga. Dengan Prioritas pada peningkatan produktifitas daerah yang simultan serta peningakatan pendapatan per kapita. Sektor unggulan daerah dimaksimalkan realisasinya sehingga mampu berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi daerah.

Sementara fokus yang keempat yakni terkait peningkatan kualitas kesejahteraan masyarakat dan daya saing menuju daerah kupang yang sejahtera.Dengan Prioritas memenuhi ekspektasi layanan publik yang prima pada setiap jenjang pemerintahan, kesenjangan antar wilayah dan antar masyarakat sedapat mungkin dikurangi.

Sedangkan fokus yang kelima menurut Bupati Kupang yakni tentang pemantapan pencapaian Kupang yang maju, kupang yang mandiri dan Kupang yang sejahtera. Hal Ini berorientasi pada peningkatan kinerja birokrasi melalui reformasi mental,sehingga tidak ada lagi ASN yang kinerjanya dibawah rata-rata, serta meninggalkan image negatif bahwa ASN dan birokrasi adalah tuan.

Lanjut Masneno,Fokus pembangunan itu dapat terealisasi dengan satu tekad, satu semangat dan satu gerakan yaitu Revolusi 5 P. Dimana Revolusi 5 P berfungsi sebagai lokomotif yang mampu padu padankan seluruh tekad, semangat dan gerakan masyarakat di daerah.

Mengingat Revolusi 5 P merupakan syarat utama bangkitnya Kabupaten Kupang dari keterpurukan hingga menjadi daerah yang maju,maka semangat dan keyakinan pengelolaan SDA dan SDM serta ditopang dengan konsep pembangunan yang realistis melalui proses yang terbuka harus melibatkan seluruh masyarakat.

Karena kesemuanya itu demi tercapainya cita – cita menjadikan Kabupaten Kupang sebagai daerah yang maju, mandiri dan sejahtera.

Disaksikan media ini, upacara HUT RI ke 74 tahun 2019 berjalan lancar.Usai Upacara pengibaran bendera, dilanjutkan dengan berbagai atraksi budaya yang ditampilkan anak sekolah dan masyarakat.Upacara dihadiri Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe,Sekda Obet Laha, Yosef Lede Ketua DPRD Kabupaten Kupang dan beberapa anggota, Kajari Kabupaten Kupang, Ketua PN Kabupaten Kupang,Kapolres Kupang serta seluruh pimpinan OPD dan Staf lingkup Kabupaten Kupang.(kenzo)

Terima Kasih Tetap bersama kami di Media Obor Nusantara