2.706 Warga NTT Dapat Sertifikat Tanah dari Presiden Jokowi

Oelamasi,Obor-nusantara.com
Kunjungan kerja Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara ke Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT),Khususnya di Kabupaten Kupang,Presiden menyerahkan 2.706 sertifikat hak atas tanah kepada masyarakat dari 3 Kabupaten di NTT.

Acara penyerahan sertifikat tanah secara gratis kepada warga Kabupaten TTS, Kota Kupang dan Kabupaten Kupang berlangsung di halaman Kantor Bupati Kupang, Nusa Tenggara Timur, Rabu, (21/8/2019).

Presiden Jokowi dalam sambutannya berpesan kepada seluruh penerima sertifikat,untuk menjaga sertifikat tanahnya dengan baik.Cara yang dikatakan Jokowi yakni memfotokopi dan memberi bungkus plastik pada sertifikatnya tanah yang mereka terima.

“Sertifikat yang bapak ibu pegang harus dijaga dengan baik.Harus diberi sampul serta fotokopi sehingga kalau aslinya Rusak bisa minta lagi di kantor BPN. Karena sertifikat merupakan tanda bukti hak hukum atas tanah yang kita miliki.”Ungkap Presiden.

Alasan sertifikat harus dimiliki warga dan disimpan secara baik,Karena Menurutnya setiap kali dirinya berkunjung ke daerah persoalan sengketa tanah sering dikeluhkan warga.

“Setiap kali saya turun ke daerah selalu saja ada kelihan warga soal. Sengketa lahan.Ada sengketa dengan tetangga, ada masyarakat dengan perusahaan serta masyarakat dengan pemerintah.Ini terjadi Karena masyarakat tidak pegang tanda bukti hak hukum atas tanah,”Tambah Jokowi.

Selain itu, Presiden Jokowi juga berpesan agar masyarakat bijak menggunakan sertifikat apabila mau dipakai untuk agunan meminjam uang di bank.

“Saya titip, tolong kalau mau pinjam ke bank itu dihitung dulu, dikalkulasi dulu. Bisa ngangsurnya enggak? Bisa nyicilnya enggak? Kalau enggak, jangan pinjam uang ke bank.Kalau Pinjam Uang ke bank buat usaha,itu bagus sehingga bisa nyicil. Keuntungan dari usaha baru dipakai untuk kebutuhan sehari hari” katanya.

Turut serta dalam rombongan Presiden Jokowi dan ibu Negara, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Sofjan Djalil, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Staf Khusus Presiden Gories Mere, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat dan istri,Wakil Gubernur NTT Yosep Nai Soi serta Bupati Kabupaten Kupang Korinus Masneno bersama Istri.(kenzo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *