Tangani Sampah, Undana Terapkan Pengolahan Sampah Plastik Jadi Paving Block di Kabupaten Kupang

Oelamasi,Obor-nusantara.com
Universitas Nusa Cendana Kupang, (Undana) mengadakan Pelatihan penerapan teknologi pengolahan sampah plastik menjadi Paving block dan papan.

Kegiatan yang dibuat Undana itu untuk menjawab persoalan sampah yang selama ini menjadi problem diwilayah Kabupaten Kupang.

Selain itu,membuktikan bahwa Universitas bukan hanya menjadi menara gading yang hanya membuat orang pintar, namun mampu menerapkan ilmu dan teknologi yang dihasilkan universitas dimasyarakat.Hal ini merupakan salah satu wujud pengabdian Perguruan tinggi kepada masyarakat

Rektor Undana, Fred Benu dalam sambutannya,Kamis,22/8/2019,mengatakan bahwa kehadiran Universitas,bukan hanya mendidik mahasiswa,tetapi juga mempunyai tanggung jawab dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Karena itu,Kemampuan Iptek yang dimiliki Undana harus dimanfaatkan membantu masyarakat khususnya masyarakat kabupaten kupang.

Dijelaskannya pada pengabdian kali ini dibuat temuan baru dengan memanfaatkan sampah plastik menjadi paving blok dan papan.

Ada 2 alat pengolahan yang diberikan pihak Undana kepada Pemerintah dan masyarakat kabupaten Kupang.Diantaranya alat untuk paving block (2 buah) serta manual paving  (20 buah).

Rektor Fred mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah dan masyarakat karena bisa lakukan sosialisasi teknologi yang mereka hasilkan.

Benu juga mengharapkan sejumlah dana desa bisa dimanfaatkan oleh Bumdes untuk dikelola sebagai suatu usaha ekonomi produktif ditingkat masyarakat.

Oleh karena itu dirinya meminta partisipasi masyarakat untuk mengikuti pelatihan ini sampai selesai demi mengatasi persoalan sampah plastik diwilayah ini.

Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan dengan resmi memberikan apresiasi atas kerjasama dan dukungan Undana dalam hal menyelesaikan persoalan sampah.

“Saya sangat bersyukur kepada Tuhan bahwa Kabupaten Kupang pada waktu ini terus mengalami peningkatan”Tukas Manafe.

Oleh sebab itu Wabup Jerry sangat mengharapkan agar para Camat dan seluruh lapisan masyarakat mendukung setiap kegiatan pembangunan agar ada nilai tambah ekonomi.

Mengingat Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat dengan begitu gigihnya menarik investor untuk dapat melihat dan berinvestasi diwilayah kita.

Ucapan terima kasih Wabup kepada Rektor Fred Benu bersama jajarannya, karena  sudah menjadikan Kabupaten Kupang sebagai pilot project pengolahan sampah plastik menjadi paving block dan papan.

“Project pengolahan sampai ini,untuk Propinsi NTT merupakan yang pertama diterapkan Undana di Kabupaten Kupang”tegas Wabup.

Dirinya menghimbau kepada para Camat dan juga Kades, agar jangan sampai disini saja pengolahan sampah plastik menjadi paving block dan papan.Mari kita para camat, lurah dan masyarakat, kita jalankan dengan baik, bukan hanya di Kupang Timur melainkan bisa sampai ke Amfoang agar masyarakat kita juga tahu,sampah bisa diubah jadi sesuatu yang bernilai ekonomis.

Hadir pada kesempatan itu di aula kantor Camat Kupang Timur,Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe,Rektor Undana Prof.Ir.Fredrik L. Benu bersama istri Grace Yusnani Benu-Alle dan Tim Dosen,Kadis Lingkungan Hidup dan Kebersihan Paternus Vinsi,sejumlah Camat dari beberapa Kecamatan diantaranya Camat Kupang Timur, Camat Kupang Tengah, Camat Fatuleu, Camat Amfoang Barat Daya, Camat Takari, Camat Amabi Oefeto, dan Sekcam Sulamu, serta puluhan warga Kupang Timur dan kupang Tengah.(kenzo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *