40 Anggota DPRD Kabupaten Kupang Resmi Dilantik,Habel Mbate ditunjuk Jadi Ketua Sementara

Oelamasi, Obor-nusantara.com-
Sebanyak 40 anggota DPRD Kabupaten Kupang Periode 2019-2024,secara resmi dilantik,Senin,9/9/2019 oleh Ketua Pengadilan Negeri Oelamasi, Decki Ariyanto Save Nitbani, SH, MH.

Untuk memimpin lembaga ini sementara waktu,telah diangkat Ketua Sementara, Habel Mbate dari Partai Golkar dan Wakil Ketua Sementara, Sofia Malelak de Haan sekaligus menjadi pimpinan tetap yang ditunjuk partai Nasdem.

Disaksikan Obor-nusantara.com di Aula DPRD Kabupaten Kupang di Oelamasi, Senin (9/9/2019), sebelum pelantikan dimulai, terlebih dahulu dibacakan nama-nama anggota Dewan periode 2019-2024 oleh Plh Sekwan, Rima Salean.

Turut hadir saat ini, Bupati Kupang, Korinus Masneno, Wabup Jerry Manafe, Kapolres Kupang, AKBP Indera Gunawan, S.Ik, pimpinan TNI, Sekda Ir. Obet Laha, juga keluarga para anggota dewan serta undangan lainnya.

Satu per satu dewan baru didampingi rohaniwan Katolik dan Protestan, diambil sumpah oleh Ketua Pengadilan.Usai pengucapan sumpah,dilanjutkan dengan pengumuman pimpinan sementara oleh Plh. Sekretaris Dewan dimana ditetapkan Ketua Sementara, Habel Mbate dari Partai Golkar dan Wakil Ketua Sementara, Sofia Malelak de Haan dari Partai NasDem.

Acara berikutnya,penyerahan palu pimpinan dari Ketua DPRD Kabupaten Kupang periode 2014-2019, Yosef Lede kepada Habel Mbate sekaligus menempati kursi Pimpinan Dewan bersama Bupati dan Wabup.

Dalam pidato perdananya,Habel Mbate menegaskan, momen pelantikan ini sangat bersejarah. Proses politik yang telah diikuti pada pemilu lalu menghantar 40 anggota dewan untuk duduk di kursi lembaga terhormat ini.

Oleh karena itu,Habel meminta seluruh anggota dewan agar saling bekerjasama dengan pemerintah dalam memperjuangkan aspirasi warga Kabupaten Kupang.Mengingat Banyak persoalan pembangunan yang harus diselesaikan sehingga kerjasama antara eksekutif dan legislatif diharapkan untuk terus ditingkatkan.

Sementara Bupati Kupang, Korinus Masneno saat membacakan sambutan tertulis Gubernur NTT, Viktor Laiskodat menekankan soal kolaborasi program untuk memajukan NTT.

Banyak persoalan seperti pendidikan, kesehatan, stunting, program pendidikan dan ekonomi yang perlu diperjuangkan bersama.

Untuk diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kupang secara resmi menetapkan 40 calon legislatif (caleg) DPRD Kabupaten Kupang masa bakti 2019-2024.

Dari 40 anggota dewan terdiri dari 4 daerah pemilihan (dapil) yang ada. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) meraih 4 kursi, Gerindra meraih 3 kursi, PDIP (4) kursi , Golkar (5) kursi, NasDem (5) kursi, Perindo (2) kursi, PSI (1) kursi, PAN (4) kursi, Hanura (3) kursi, Demokrat (4) kursi,Partai Bulan Bintang (2) kursi dan PKPI (3) kursi.(kenzo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *