Kelola Lahan Tidur di RSUD Naibonat Petani Terapkan Pola Pertanian Israel

Oelamasi,Obor-nusantara.com
Lahan diarea Rumah Sakit Umum Daerah Naibonat di Kabupaten Kupang Propinsi NTT,dikelola oleh pihak ketiga dengan menerapkan pola pertanian dari Negara Israel.

RSUD Dengan luas lahan yang cukup luas mencapai 24 hektar, dimana 14 hektar lahan yang selama ini tidur tak tersentuh akan ditanami dengan berbagai tanaman hortikultura.

Hal ini disampaikan Kepala Tata Usaha Rumah Sakit Maher Ora saat ditemui media ini diruang kerjanya, Kamis,12/9/2019.

“Kita sudah buat Master Of Understanding (MOU)  dengan pihak ketiga untuk kelola halaman atau pekarangan rumah sakit.Luasnya ada 14 Hektar dari total luas rumah sakit 24 Hektare.Mereka mau tanam sayuran dan buah buahan”Ujar Maher.

Dikatakannya,saat ini pihak ketiga yang adalah pemilik hotel Romyta sudah lakukan pemetaan area untuk jenis tanaman yang mau ditanam.

“Mereka sudah petakan area untuk jenis tanaman yang akan ditanam. Makanya saat ini mereka sementara persiapan lahan dengan pembersihan dan mulai traktor lahan”Katanya.

Pernyataan tersebut dibenarkan Direktur RSUD, dr.Erol Nenobais yang mengatakan bahwa manajemen RSUD Naibonat terus berupaya guna meningkatkan pendapatan mengingat status Rumah sakit yang sudah beralih menjadi Badan Layanan Umum Daerah(BLUD).

Menurut Erol, Sistim kerjasama yang disepakati dengan pihak Ketiga yakni bagi hasil dengan masa kontrak selama kurang lebih belasan tahun.Sayuran dan buahan yang dihasilkan akan diutamakan bagi pemenuhan kebutuhan rumah sakit sedangkan selebihnya dijual oleh pihak ketiga.

Selain itu pola tanam yang akan dibuat mengadopsi sistem pengolahan pertanian di israel yang juga menjadi percontohan pertanian bagi pengunjung Rumah Sakit.

Bukan hanya itu, Penataan lain di satu-satunya Rumah sakit di Kabupaten Kupang ini juga sementara dilakukan Perbaikan IGD, pembangunan gedung loundri,gedung gizi dan kamar jenazah.

Diakuinya pula bahwa pihak Rumah Sakit tengah melakukan perbaikan-perbaikan untuk sarana yang rusak ringan demi memaksimalkan pelayanan bagi masyarakat kabupaten Kupang.

Oleh karena itu, dirinya meminta masyarakat tidak perlu  ragu lagi dengan pelayanan RSUD Naibonat, mengingat sudah ada Fasilitas dan sarana pendukung serta tenaga medis yang cukup baik dokter ahli maupun dokter umum.(kenzo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *