Wabup Kupang Resmikan 11 Titik Hidran Umum Air Minum Sehat  di Desa Oelnasi

Oelamasi,Obor-nusantara.com
Patut disyukuri,saat ini masyarakat Desa oelnasi khususnya di dusun Oelbubuk kecamatan Kupang Tengah dapat menikmati air minum sehat di 11 Hidran Umum yang bisa langsung diminum layaknya air kemasan aqua.

Hari ini,Kamis,10/10/2019 Sarana Air Sehat yang dibangun sejak 2018 diresmikan wakil Bupati Kupang Jerry Manafe.Sarana Air sehat ini dibangun atas kerjasama Perusahaan Pompa George Fischer yang berpusat di Jerman dan Waha Mitra Indonesia (WMI) dengan Yayasan Waha Mitra Indonesia.

Menurut Project Manager Timor Efendi Hutagaol,Saat ini sudah beberapa Kabupaten di NTT yang mendapatkan program Air Sehat dari Waha Mitra Indonesia.

“2008 kita pasang 11 titik di Kabupaten Kupang, Kota Kupang dan 1 di Rote dan 1 di TTS. Tahun 2014 ada 5 titik di Kabupaten Rote. 2016 – 2019 semuanya di Kabupaten Kupang, 7 titik termasuk di Oelnasi”, jelasnya.

Ia mengatakan, Setiap Bulan selama 2 tahun WMI akan terus mendampingi di desa oelnasi khususnya dusun Oebubuk untuk membantu pengelolaan Air Sehat dan manajemen pengelola bagi kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu kepala perwakilan yayasan WMI Surya Santosa Subakti mengatakan Dari 11 Kran air Sehat di desa Oelnasi bisa langsung diminum.Perusahaan yang mendanai program ini karena tergerak untuk membantu masyarakat tidak mampu di pelosok Indonesia.

“Menejemen pengelolaan air Sehat di Oelnasi kita serahkan kepada Komite yang sudah kita bentuk. Kami Masih lakukan pendampingan hingga 2 tahun kedepan baik soal pengelolaan air maupun manajemen komite air”Katanya.

Dikatakannya,Instalasi perpipaan pelayanan Air sehat mampu menjangkau 500 jiwa di dusun Oelbubuk.

“Air Sehat ditampung dalam dua reservoir berkapasitas tampung masing-masing 10 ribu liter. Sebelum distribusikan sejauh 3,4 Km air terlebih dahulu diproses sehingga masyarakat bisa langsung minum di setiap tugu kran”, ujarnya.

Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe menyatakan terimakasih atas bantuan Waha Mitra Indonesia di bidang Air Sehat.

Menurut dia, penyediaan air minum langsung baik berupa air galon maupun air kran merupakan sesuatu yang luar biasa bagi masyarakat di Desa Oelnasi.

“Orang Oelbubuk seperti di singapura atau Australia. Terimakasih masyarakat Oelnasi tanpa dukungan anda kegiatan hari ini tidak ada”, ungkapnya.

Ia meminta masyarakat untuk menjaga daerah tangkapan air sehingga sumber air yang dikelola untuk program Air Sehat itu tidak kering.Wabup juga berharap, masyarakat menjaga dan memelihara seluruh sarana Air Sehat bantuan WMI.(kenzo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *