Kunjungi Kampung Berseri Astra Sonraen, Wabup Kupang Minta Warga Tanggap CSR Astra

Amarasi, Obor-nusantara.com-
Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe meminta warga masyarakat Kelurahan sonraen kecamatan Amarasi selatan kabupaten Kupang,Tanggap dan tangkap peluang yang diberikan Perusahaan Astra sebagai CSR Desa Binaan.

Melalui tema Visit KBA Kampung berseri astra Sonraen,Wabup didampingi Kasat Pol PP K.M.S Manafe Rabu, 30/10/2019 disambut dengan tarian adat dari warga setempat.

Kunjungan orang nomor dua di Kabupaten Kupang tersebut untuk melihat secara langsung kampung binaan Astra Indonesia yang sudah berlangsung selama 2 tahun sejak tahun 2017.

Pimpinan Astra yang diwakili oleh General manajer FIF Kupang Frans Budi Sulastio dalam sambutannya mengatakan bahwa astra sejak tahun 2016 memilih Keluarahan Sonraen menjadi desa binaan yang ditentukan oleh Manajemen astra Pusat di Jakarta.

CSR Astra merupakan pengabdian astra untuk masyarakat Satu indonesia.Ia menyebutkan sangat beruntung Desa di Kabupaten Kupang dinilai layak untuk mendapatkan bantuan dari Astra Indonesia.Kegiatan astra terfokus pada 4 pilar yakni pendidikan kesehatan kewirasuhaan dan lingkungan.

“Kelurahan Sonraen dinilai layak menjadi desa binaan kami. Saya melihat partisipasi masyarakat luar biasa sehingga pada tahun 2017 secara resmi Astra Pusat menetapkan kba sonraen melalui 4 pilar program sesuai dengan potensi wilayah ini”Ujarnya.

Dikembangkan ke 4 pilar yang merupakan potensi Kelurahan Sonraen, diupayakan untuk terus digerakan agar lebih maksimal.
Diantaranya dalam bidang pendidikan kita  SDN Sonraen sebagai sekolah binaan Astra.Bantuan astra berupa taman baca,Pelatihan guru metode pendidikan terbaru,beasiswa bagi siswa beprestas dan Pelatihan matematika bagi siswa.

Dibidang kesehatan Astra memberi bantuan berupa makanan tambahan bagi balita khususnya gizi buruk,PMT di posyandu,Sarana posyandu, serta Pelatihan bagi para kader posyandu.

Sedangkan dibidang Kewirausahaan, bantuan berupa fasilitas alat tenun, pembentukan kelompok tenun dalam rangka regenerasi budaya,pelatihan tenun bagi generasi muda serta pengembangan tenun menjadi produk lain seperti tas dll.

Disamping itu dibidang lingkungan Astra juga membantu pengadaan sumur bor sebanyak dua titik di sonraen,pembagian benih sayuran serta Kegiatan lomba kebersihan lingkungan antar Rukun Warga.

Pihak Astra sendiri menurut Frans sudah menentukan kader di desa guna menjalankan 4 pilar astra mengingat bakti astra berjalan selama 5 tahun.

Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada pihak astra yang sudah membantu masyarakatnya melalui dana CSR.

“Apa yang sudah dibantu oleh astra masyarakat harus tanggap dan tangkap. Ini anugerah untuk kita karena astra merupakan perusahan besar.Oleh karena itu Kita harus tau malu dan kita harus berbuat. Astra sudah memberikan rangsangan maka masyarakat harus terus menjaga dan terus membangun kebersihan lingkungan dan juga pengembangan usaha melalui kewirausahaan yang dirintis oleh astra”Tegas Wabup Kupang.(kenzo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *