Di RSUD Naibonat, Ombusman Ingatkan Pasien Klaim Uang Obat di BPJS Jika Apotik Kehabisan Obat

Oelamasi,obor-nusantara.com. “Saya himbau ke pasien yang sedang opname di Rumah Sakit Umum Daerah Naibonat agar jika membeli obat diluar apotik karena stok obat habis, silahkan klaim kepada BPJS agar uang obatnya diganti oleh Bpjs”

Himbauan ini disampaikan Darius Beda Daton saat Tim kerja Ombusman Republik Indonesia perwakilan NTT dibawah pimpinannya pada hari Kamis (21/11/2019) ketika mengecek ketersediaan obat Fornas BPJS di Apotik Rumah Sakit Umum Daerah Naibonat

“Tim kami mengecek ketersediaan obat fornas BPJS Kesehatan di RSUD Kab. Kupang di Oelamasi. Setelah berdiskusi dengan direktur dan kepala instalasi farmasi, kami berkesempatan mengunjungi para pasien rawat nginap kelas III sambil menanyakan informasi dari mereka apakah selama dirawat mengalami soal stok obat kosong di apotik RSUD dan membeli obat dengan biaya sendiri diluar apotik RS”ungkap Darius.

Sebab menurutnya semua obat untuk peserta JKN dan KIS sudah termasuk paket pengobatan Rumah Sakit sehingga pasien tidak seharusnya membeli obat dengan biaya sendiri.

“Obat untuk peserta JKN dan KIS sudah termasuk dalam paket pengobatan Rumah Sakit sehingga pasien tidak seharusnya membeli obat dengan biaya sendiri.Semoga pesan ini bermanfaat bagi pasien disini”Ujarnya.

Dirinya menegaskan bahwa dari semua pasien yang diajak ngobrol, mereka mengatakan stok obat BPJS selalu tersedia saat mereka ambil resep di RS.Ia menghimbau kepada pasien yang sedang opname agar jika membeli obat diluar apotik karena stok obat habis, silahkan klaim agar uang obatnya diganti. (kenzo)

Terima Kasih Tetap bersama kami di Media Obor Nusantara