Penuhi Air Baku Di Kota Atambua, Pepus Segera Bangun Bendungan Welikis

Kupang, obor-nusantara.com-Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kembali akan membangun satu buah bendungan di Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT). Saat ini proses oembangunan bendungan Welikis di Kabupaten Belu Itu dalam proses study Kelayakan dan pada tahun 2020 ini akan dilakjutkan dengan Detail Desain.
Pembangunan  Bendungan Welikis ini sebagai upaya Pemerintah Pusat dalam menyediakan air baku bagi Masyarakat di Kota Atambua yang selama ini masih kekurangan air besih.
“proses pembangunan Bendungan Welikis Sementara ini dalam proses study Kelayakan dan tahun 2020 baru mulai dilakukan detail Desain”. Ujar Kepala Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara 2 (NT-2) Kupang Agus Sosiawan saat di temui di ruang kerjanya beberapa waktu lalu.
Menurutnya, pembangunan Bendungan Welikis ini pebih difokuskan pada penyediaan air baku untuk kebutuhn air bersih di Kota Atambua.
“Bendungan ini lebih di fokuskan pada air baku untuk kota Atambua.” katanya.
Dikatakan, proses pembangunan bendungan welikis memang masih butuh waktu yang lama, namun semuanya mendapat dukungan penuh dari Pemeintah Daerah, sehingga semua proses mudah terutama masalah pengadaan tanah di lokasi Bendungan.
“memang masih butuh waktu lama, tetapi kita dibantu Pemda dalam proses pengadaan tanah itu sangat dibantu.” jelas Agus.
Sementara itu, Terkait pembangunan Waduk Lambo di Kabuoaten Nagekeo, menurut Agus Sosiawan, kini masih dalam tahap sosialisasi pembebasan lahan, jika sudah seleaai maka akan dilakukan pembayaran.
“Biaya pengadaan lahan Melalui lembaga independen Elma adalah Sebagai lembaga independen dibawah Kementerian Keuangan yang proses bukan balai dan Proses bayar juga lewat bank.” tutup Agus. (wr/nora).

Terima Kasih Tetap bersama kami di Media Obor Nusantara