Segmen 1 Jalan Bokong-Lelogama Dalam Sebulan Fisik Hampir Selesai

Bokong, obor-nusantara.com-Meski bekrja dalam masa Denda Keterlambatan, tetapi Pt, Nusa Jaya Abadi selaku Kontraktor pelaksana mampu mengejar minus atau Keterlambatan proyek sebesar 35 persen saat habis masa kontrak pada 10 Desember 2019 lalu yang berada pada posisi fisik 65 persen.
Saat ini seluruh pekerjaan seperti pengaspalan di segmen 1 telah selesai 100 persen dan kini tinggal pekerjaan pasangan batu.
“kami kerja siang malam sejak mulai masuk libur Natal Desember 2019 itu makanya sudah hampir selesai, sekarang pekerjaan pengaspalan 2 lapis aspal telah selesai dan tinggal pekerjaan pasangan batu”. Ujar salah seorang pekerja dari Pt. Nusa Jaya Abadi Markus yang ditemui di lokasi proyek bokong-lelogama segmen 1 pada Senin, 13/01/2020.

kopi

Menurutnya, sejak peralatan pendukung pengaspalan seperti Aspal Mixing Plan (AMP) beroperasi proses pekerjaan pengaspalan langsung berjalan, mengingat semua material pembangunan pondasi jalan atau base, sub base pekerjaan lapisan aspal telah siap dan tinggal pengaspalan saja.
“kita sebelumnya sudah lakukan pekerjaan persiapan bangunan dasar mulai dari agregat B hingga aggregat A sambil menunggu operasional AMP, jadi pada saat AMP beroperasi kita langsung kerja aspal dan kini sudah selesai lapis satu dan dan lapis dua”. Katanya.Dikatakan, seluruh buruh telah tersebar mulai dari titik kilometer nol hingga kilo meter 10 di segmen satu untuk mengerjakan pekerjaan pasangan batu dan dipastikan 1 bulan lagi sudah selesai.
“saat ini sementara pekerja mentebar di semua titik unruk selesaikan pekerjaan pasangan batu, jadi kita pastikan semua akan selesai dalam minggu-minggu mendatang”.ujarnya.

Jika pekerjaan pasangan di segmen 1 selesai menurut Maksi, seluruh pekerja akan dipindahkan ke segmen 2 untuk mengerjakan pasangan batu yang juga kini dalam proses pemerjaan.
“kita kalau sudah selesai di segmen 1 langsung semua pekerja atau buruh dipindahkan ke segmen dua yang dikerjakan oleh Pt, Surya Agung Kencana (SAK) yang juga dalam proses pekerjaan pengaspalan lapis satu (AC)”. Jelas Maksi
Disegmen 2 sendiri menurut Maksi, dalam proses pengaspalan lapis 1 atau AC dan dipastikan dalam beberapa minggu kedepan sudah dimulai pekerjaan pengaspalan aspal lapis dua atau WC.
“segmen 2 sementara pekerjaan pengaspalan lapis satu dan dalam beberapa minggu ini kita sudah mulai kerjakan aspal lapis dua”,ujarnya.
Sementara itu, Kepala Bidang Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum dan Permukiman (PUPR) Provinsi NTT Ady Mboeik saat dihubungi media ini pada Senin, 13/01/2020 membenarkan jika pekerjaan proyek bokong lelogama khususnya disegmen 1 sangat mengalami peningkatan fisik yang cukup bagus.
“hasil laporan yang ada dikami disebutkan bahwa fisik di segmen satu dan dua sangat sugnifikan, hal ini dupengaruhi pekerjaan pengaspalan yang jalan lancar terutana di segmen satu yang kini sudah selesai pekerjaan pengaspalan lapis satu dan dua (AC-WC)”. Jelas Ady.
Dikatakan, untuk segmen dua kini dalam pekerjaan pengaspalan lapis pertama atau AC. Sementara di segmen tiga kini dalam tahap penyelesaian atau perapian bahu jalan.
“segmen dua sementara pekejaan pengaspalan lapis satu (AC) dan kita pastikan sudah selesai minggu-minggu depan”. Papar Ady Mboeik.
Dari hasil pantauan sejumlah media online dan media Elektronik di lokasi proyek Bokong-leligama pada Senin, 13/01/2020 nampak mulai dari segmen satu, dua dan tiga terlihat jelas para pekerja berada di beberapa titik sepanjang jalan ini untuk mengerjakan pekerjaan pasangan batu.
Para pekerja ini mengaku setiap hari rata-rata mereka bisa mengerjakan 20 hingga 25 meter panjang pasangan batu dilokasi itu.
Sementara di lokasi segmen empat sama sekali tidak ada aktivitas pekerja dilapangan. (wr/nora).

Terima Kasih Tetap bersama kami di Media Obor Nusantara