Hasil Seleksi Dinilai Cacat Hukum, Dirut PDAM Kabupaten Kupang Mestinya Bukan Dari Unsur Partai 

Oelamasi,obor-nusantara.com-Pengumuman 
Hasil seleksi calon Direktur PDAM Tirta Lontar Kabupaten Kupang, yang diumumkan tim pansel beberapa waktu lalu mengundang komentar dari pimpinan Partai Politik yang juga Anggota DPRD Setempat

Diantaranya komentar datang dari Ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Hati Nurani (Hanura) Kabupaten Kupang Anton Natun.Ia menilai hasil seleksi tim pansel direktur PDAM yang diumumkan merupakan cacat hukum.

Pasalnya, tim pansel tidak lagi mengindahkan regulasi sebagai prasyarat dalam penetapan calon direktur PDAM Tirta Lontar.

Diantaranya bukan dari unsur Partai politik tertentu,serta memiliki sertifikasi sebagaimana yang ditetapkan panitia seleksi sebagai syarat utama menjadi calon direktur utama PDAM.

“Syarat kan sudah jelas yang diumumkan seperti tidak boleh ada hubungan keluarga, tidak boleh dari unsur partai politik dan harus ada sertifikasi.Syarat ini harus menjadi acuan bukannya dilanggar.Saya minta pak Bupati kaji kembali persoalan ini sehingga manajemen pdam berjalan baik kedepan”ujar Anton Natun dihalaman kantor Bupati Kupang Oelamasi,Kamis,6/2/2020.

Ia menyarankan kepada pansel dan Bupati sebagai pemilik PDAM harus berpijak pada aturan yang berlaku sebagai acuan.Prinsipnya gunakan aturan yang ada sehingga tidak berdampak hukum.

Bagi dia,Negara ini merupakan negara hukum sehinggga semua proses, termasuk seleksi direktur PDAM Kupang harus dilakukan secara prosedur hukum bukan mengabaikan hanya karena ada tendensi politik tertentu.

” Kalau kita melanggar aturan itu sama dengan kita melanggar sumpah dan janji. Ingat, saat kita disumpah dan dijanji itu ada firman Tuhan di Kepala, yang diletakkan para pendeta, jadi tidak boleh,” ungkap Natun.

Mantan ketua komisi C DPRD Kabupaten Kupang periode 2014-2019 juga menyatakan bahwa tidak penting baginya siapapun yang bakal menjadi direktur PDAM, yang terpenting berawal dari proses yang benar merujuk pada regulasi perundang undangan dan syarat yang ditetapkan.

Anton sangat menyayangkan ada indikasi tekanan politik yang dimainkan untuk menekan tim pansel dengan mengabaikan aturan-aturan di negara ini.(kenzo)

Terima Kasih Tetap bersama kami di Media Obor Nusantara