Disperindag Segera Serahkan 13 Gedung Pasar Yang dibangun Tahun 2015 Kepada Bapenda Kabupaten Kupang

Oelamasi,obor-nusantara.com
Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag)  Kabupaten Kupang Propinsi NTT menargetkan dalam tahun ini Akan menyelesaikan sejumlah gedung pasar dan menyerahkannya kepada BPKAD setempat.

13 gedung pasar yang akan diserahkan sudah dibangun sejak tahun 2015 di 13 kecamatan yang ada diwilayah Kabupaten Kupang.

“Untuk tahun 2020 ada 13 gedung pasar yang harus diserah terimakan. Pasar-pasar tersebut sudah dibangun beberapa tahun yang lalu namun belum sempat serah terima.Maka Berdasarkan komunikasi kami kondisikan untuk selesaikan Penyerahan kepada BPKAD khususnya Bapenda sampai pada bulan mei tahun ini”Ujar Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kupang Adriel Abineno kepada media ini diruang kerjanya Senin,17/2/2020.

Sedangkan untuk pasar oesao menurut Abineno sudah dibangun pasar dua lantai dari sumber dana perbantuan, namun belum ada penyerahan dari kementerian kepada pihak dinas untuk dimanfaatkan oleh para pedagang.

Dikatakannya bahwa gedung pasar oesao jika diserahkan harus disertakan dengan dokumen tentang pembangunan pasar.Karena mereka yang berhubungan dengan dokumen itu sementara ditangani pihak kejaksaan.Sehingga pihaknya merasa kesulitan untuk mendapatkan dokumen agar dapat diserah terimakan Kepada Bapenda.

“Untuk pasar oesao kita harus hitung nilai aset, dan ini akan kami lakukan dalam waktu dekat ini”Tegas Abineno.

Ia menjelaskan,13 Bangunan pasar akan diserahkan kepada BPKAD dan selanjutnya kepada bapenda untuk dikelola guna mendatangkan pendapatan untuk daerah ini.

“13 pasar ini akan kami serah terimakan sehingga bisa dikelola oleh bapenda setempat.Memang selama ini ada beberapa pasar yang sudah dimanfaatkan oleh pedagang namun belum kami serahkan kepada BPKAD yang didalamnya akan dikelola oleh bapenda”Ucapnya.

Alasan serah terima ini menurut kadis,agar kedepan bisa membentuk PD pasar sebagai pengelola,sehingga pasar bisa dikelola secara lebih baik guna menunjang pendapatan bagi daerah.Ia juga berjanji akan melaporkan target kerja ini kepada bupati dan wakil bupati serta menawarkan pengelolaan pasar kedepan dikelola oleh PD Pasar.(kenzo)

Terima Kasih Tetap bersama kami di Media Obor Nusantara