Atasi Covid-19, Pemprov NTT Dapat Bantuan 500 Ribu APD

Kupang, Pemerintah Pusat kini telah memberikan bantuan berupa Alat Pelindung Diri (APD) sebanyak 500 ribu pack bagi para medis yang akan menangani pasien virus covid 19 di Nusa Tenggara Timiur.
Bantuan tersebut telah dikirim ke Kupang dan akan tiba pada hari ini
Melalui Bandara Eltari Kupang. 
Meski secara Nasional Wilayah Nusa Tenggara Timur masih dinyatakan negatif virus covid 19, namun perhatian Pemerintah Pusat bagi masyarakat NTT  tetap dilakukan.
Untuk tahap awal Pemerintah Pusat telah memberikan bantuan  berupa 500 ribu pack Alat Pelindung Diri (APD) bagi para medis yang akan menangani pasien virus covid 19 nanti.


Saat ini bantuan tersebut telah tiba di Kupang mealui bandar udara Elatri Kupang dan selanjutnya akan didsitribusikan ke Rumah sakit yang telah di tunjuk sebagai pusat layanan pasien virus covid-19.
Gubernur Nusa Tenggara TimurVictor Bungtilu Laiskodat kepada wartawan usai mengikuti rapat bersama dengan presiden melalui sambungan jarak jauh di Kantor Gubernur NTT pada selasa 24/03/2020 mengatakan, selain bantuan itu, Presiden juga telah memberikan instruksi kepada sel;uruh Kepala Daerah untuk melakukan perician anggaran yang akan dibutuhkan dalam menangani wabah ini.
Dikatakan, dalam arahan Presiden para Kepala Daerah juga diminta untuk merencanakan sistem penanganan berat dan ringan di seluruh Provinsi.
Karena itu  Pemda NTT segera rapat untuk menentukan langkah-langkah yang akan diambil seperti penyiapan ruang, dokter, Alat Pelindung Diri dan bagaimana mengatasi dan laporannya akan disampaikan kepada Presiden.
Dijelaskan, untuk mengantisipasi penyebaran viris covid-19. masyarakat perlu mengikuti petunjuk yang telah diberikan Pemerintah kepada masyarakat.
“Alat Oelindung Diri yang menjadi masalah bagi seluruh Negara sedang disiaokan dan Nusa Tenggara Timur sampai hari ini masih Negatif tetPi kita sudah dapat bantuan 500 ribu pack APD dari pusat, selain itu kita juga telah diberikan nama perusahaan yang memproduksi APD untuk bisa pesan langsung jika dibutuhkan.” ujar Gubernur.
Selain itu, Presiden juga meminta agar Pemerintah Daeah menyiapkan anggaran khusus untuk tangani dampak dari bencana sisoial yang terjadi ini.
“kita juga diminta menyiaokan anggaran khusus dan ini segera kita bahas”. Katanya.
Salah satunya adalah memberikan bantuan bagi usaha kecil dan lainnya dengan sistem pemeberrdayaan dan semuanya segera di bahas bersama untuk menentukan anggarannya termasuk pemberdayan masyarakat nanti melalui program kolornisasi.
“nanti kita tinggal atur sistemnya bagaimana, masyarakat tanam kelor kita tinggal bayar saja”. Ujar Gubernur. (wr/nora).

Terima Kasih Tetap bersama kami di Media Obor Nusantara