Hadapi Covid 19, Gubernur Himbau Masyarakat NTT Jangan Panik

Kupang, obor-nusantara.com-Menghadapi virus Covid 19 yang jumlahnya terus meningkat, Gubernur Nusa Tenggara Timur Victor Bungtilu Laiskodat meminta masyarakat NTT agar tidak perlu panik dalam menghadapi virus tersebut mengingat hinggga saat ini wilayah Nusa Tenggara Timur Masih Negatif dari virus tersebut.
“kita sebetulnya jangan terlalu panik menghadapi virus ini, karena NTT itu sampai sekarang masih negatif jadi yang penting adalah bagaimana memproteksi diri di rumah, jangan malakukan perjalanan keluar kota atau lainnya dan terus membersihkan diri menggunakan sabun dan lainnya.” ujar Gubernur Victor Laiskodat dalam keterangan persnya di gedung kantor Gubernur NTT di jalan wj Lalamentik, Kupang, NTT pada selasa, 31/03/2020.
Dikatakan, masyarakat NTT cukup terganggu dengan pemberitaan media massa yang terus menyebutkan Kata Covid 19, sementara yang ada hanya pasien dengan status Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang belum tentu adalah penderira virus Covid 19.
“yang membuat masyarakat terganggu adalah media massa yang selalu menyebutkan kada Covid 19, oadahal cuma ODP saja”. Kata Gubernur.
Gubernur mengatakan, Pemerintah sampai saat ini terus melakukan pemantaun dengan mendata seluruh warga pendatang baru yang baru tiba dari daerah tepapar terutama dari daerah Jakarta, Jawa barat dan lainnya.
“Kita terus patau mereka yang baru datang dari daerah lain, dan sampai saat ini semua masih berstatus ODP. “jelas Gubernur.
Bahkan menurut Gubernur Laiskodat, banyak ODP yang ada di NTT telah dinyatakan negatif setelah menjalan karantina di rumah atau karantina mandiri dan dalam masa pemantauan juga terdapat banyak yang dinyatakan sehat.
“yang dalam pemantauan kan aman semua, jadi tidak ada Covid 19 di NTT.” sebut Gubernur.
Sementara itu, hingga sore ini sesuai dengan data yang disampaikan tim gugus tugas penanganan Covid 19 menyebutkan, sudah tercatat sedikitnya 596 orang masuk dalam daftar ODP. Dari jumlah tersebut, 6 orang diantaranya sementara menjalani perawtan dengan status Pasien Dalam Perawatan (PDP).(wr/nora).

Terima Kasih Tetap bersama kami di Media Obor Nusantara