RSUD Naibonat Siagakan Rapid Test dan Alat Swapp Untuk Test Corona

Oelamasi,obor-nusantara.com
Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah Naibonat, Kabupaten Kupang sangat serius dalam upaya pencegahan virus corona atau Covid 19.

Keseriusan RSUD Naibonat ditunjukkan dengan Kesiapan manajemen rumah sakit milik Pemkab Kupang ini adalah selain menyiapkan ruangan isolasi khusus, juga disiagakan Rapid test dan alat SWAPP yang kini sudah dipesan.

Direktur RSU Naibonat, dr. Erol Nenobais, menyampaikan hal ini kepada wartawan di Oelamasi, Rabu (1/4) saat mengikuti rapat kesiapan Pemda dalam pencegahan dan penanganan covif 19 diruang rapat Wakil Bupati Kupang.

Erol mengungkapkan, sejak merebaknya virus corona ini, pihaknya langsung mengambil langkah cepat seturut perintah pimpinan daerah. Upaya yang dilakukan adalah menyiapkan dua ruang isolasi dimana satu ruangan disiapkan 4 bed dan satu ruangan disiapkan 8 bed.

Selain itu, katanya, sudah disiapkan  80  Rapid test dan saat ini telah  dipesan 1 alat SWAPP yang direncanakan pekan depan sudah tiba di RSUD.

“Kami sudah sangat siap. Seluruh tenaga dokter kami siagakan baik dokter umum maupun dokter spesialis. Alat rapid test sudah ada di RSU Naibonat sebanyak  80 buah. SWAPP sudah dipesan dan sudah dipastikan minggu depan sudah tiba,” katanya.

Soal fungsi Rapid test, Erol menjelaskan, alat untuk memeriksa pasien Orang Dalam Pengawasan (ODP) selama masa isolasi 14 hari. Dalam masa isolasi itu, dengan alat Rapid Test selama 7-11 hari akan diketahui apakah positif atau tidak. Sedangkan alat SWAPP bisa diketahui seseorang mengalami positif atau negatif corona saat itu.

“Saya ajak masyarakat Kabupaten Kupang untuk tetap tenang, jangan panik. Ikuti saran pemerintah dan rajin cuci tangan pakai sabun pada air yang  mengalir,” pintanya.(kenzo)

Terima Kasih Tetap bersama kami di Media Obor Nusantara