Kejari Oelamasi Siap Awasi Pengelolaan Dana Penanggulangan Covid19 Di Kabupaten Kupang

Oelamasi,obor-nusantara.com
Kejaksaan Negeri Oelamasi menyatakan siap membantu pemerintah daerah kabupaten Kupang untuk ikut aktif mengawasi pengelolaan Dana penanggulangan covid19.

Dalam hal pengawasan,kejaksaan lebih mengutamakan pada Pencegahan daripada penindakan sesuai kesepakatan Saat Rapat Forkopimda Kabupaten Kupang tanggal 31 Maret 2020 di aula Bupati Kupang.

“Benar Bupati Kupang telah meminta Jaksa & Polisi mengawasi penggunaan uang negara yang di gunakan untuk penanggulangan Covid 19″Ujar Kepala Kejaksaan Negeri Oelamasi Sherly Manutede kepada obor-nusantara.com Jumat, 3 April 2020.

Untuk hal ini Sherly menyambut baik dan akan membantu pemerintah daerah dalam melakukan pengawasan tentunya dari kacamata hukum yang lebih mengedepankan pencegahan daripada penindakan

Oleh karena itu Kejaksaan Oelamasi meminta peran serta semua elemen masyarakat agar ikut memberi informasi awal jika ada indikasi penyalahgunaan penggunaan Dana untuk Covid 19 dari aparatur Pemda Kabupaten.

Sehingga pihak kejaksaan bisa langsung memberi peringatan dan arahan kepada pengelola agar penggunaan dana tetap pada koridor yang sesuai dengan ketentuan per undang undangan, sehingga dana yang dialokasikan tepat sasaran, tepat guna dan tepat pengelolaanya, yang pada gilirannya dapat dipertanggung jawabkan secara hukum.

“Melalui kesempatan ini, kami menghimbau kepada pemerintah daerah kabupaten kupang agar penyaluran Bansos juga tepat sasaran, bisa dipertanggungjawabkan dan untuk inipun Jaksa siap memberi arahan tepat sesuai ketentuan, sehingga para petugas tidak salah kelola”Ungkap Manutede.

Namun dalam perjalanan waktu, jika telah diberi arahan dan diperingatkan oleh pihak kejaksaan melalui Bupati, namun tetap lakukan penyimpangan, akan diproses dan ditindak sesuai hukum yang berlaku, karena sejatinya sepeser uang negara yang dikeluarkan harus dipertanggung jawabkan secara hukum.

Kepada pihak pemda dalam hal ini Bupati Sherly menghimbau agar mengikut sertakan Aparatur Inspektorat Kabupaten Kupang sebagai Pengawas Internal dalam pengelolaan dana penanggulangan covid 19 di kabupaten Kupang.(kenzo)

Terima Kasih Tetap bersama kami di Media Obor Nusantara